Uni Afrika Selamati Presiden Terpilih Nigeria

    Willy Haryono - 01 April 2015 14:32 WIB
    Uni Afrika Selamati Presiden Terpilih Nigeria
    Kepala Uni Afrika Nkosazana Dlamini-Zuma terlihat di layar dalam pertemuan di Addis Ababa, Ethiopia -- AFP / ZACHARIAS ABUBEKER
    medcom.id, Addis Ababa: Kepala Uni Afrika Nkosazana Dlamini-Zuma mengucapkan selamat kepada Muhammadu Buhari atas kemenangannya dalam pemilihan umum presiden Nigeria, Rabu (1/4/2015). 

    Dlamini-Zuma juga memuji Goodluck Jonathan yang mau menerima kekalahannya dengan dada lapang. "Hasil ini mendemonstrasikan kedewasaan demokrasi di Nigeria," ucap Dlamini-Zuma di Addis Ababa, Ethiopia, seperti dikutip AFP. 

    "Saya berharap rakyat Nigeria akan bersatu dalam menghadapi tantangan stabilitas, keamanan dan perkembangan di berbagai sektor," sambung dia. 

    Komisi Elektoral Nasional Independen Nigeria (INEC) melaporkan Buhari memenangkan 15.424.921 suara atau 53,95 persen dari total suara 28.587.564. 

    Meskipun kalah, Jonathan mengucapkan selamat kepada Buhari. Pria yang menjabat Presiden Nigeria sejak 2010 itu pernah berjanji melaksanakan pemilu damai.
     
    "Ambisi pribadi tidak boleh mengorbankan darah rakyat Nigeria. Saya menjanjikan pemilu yang bebas dan adil. Janji itu sudah dipenuhi," ujar Jonathan. 
     
    Pemilu Nigeria 2015 juga mencetak sejarah baru, di mana partai oposisi berhasil melengserkan partai yang tengah berkuasa. Ini dianggap sebagai demokrasi Nigeria yang semakin dewasa.
     
    Partai Demokrasi Rakyat (PDP) yang menjadi alat politik Jonathan, sudah berkuasa sejak diktator militer di Nigeria runtuh pada 1999. 




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id