Khamenei Pimpin Salat Jumat di Tengah Krisis Iran

    Marcheilla Ariesta - 17 Januari 2020 17:13 WIB
    Khamenei Pimpin Salat Jumat di Tengah Krisis Iran
    Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei memimpin salat Jumat di Teheran. (Foto: AFP).
    Teheran: Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Khamenei memimpin salat Jumat di tengah ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat. Ini kali pertama dia memimpin salat Jumat setelah 2012 lalu.

    Pada Februari 2012 lalu, Khamenei memimpin salat Jumat di Masjid Mosalla Teheran. Kala itu peringatan 33 tahun revolusi Islam.

    Televisi pemerintah memperlihatkan bus-bus penuh dengan orang yang tiba di masjid beberapa jam sebelum khotbah Khamenei. Namun, unjuk rasa juga ada di depan masjid.

    Para pedemo melakukan protes beberapa hati karena jatuhnya pesawat yang dilakukan militer Iran. Dalam khotbahnya, Khamenei menyinggung masalah penembakan pesawat Ukraina itu.

    Dia mengatakan penembakan pesawat tersebut merupakan tragedi pahit. "Tapi beberapa mencoba menggambarkannya sebagai cara melupakan kesyahidan dan pengorbanan besar Mayor Jenderal Qasem Soleimani," kata Khamenei, dilansir dari AFP, Jumat 17 Januari 2020.

    Menurut Khamenei, musuh mereka senang dengan kecelakaan pesawat itu. "Karena mereka menemukan sesuatu untuk dipertanyakan kepada Pengawal Revolusi Iran mengenai sistem angkatan bersenjata kita," imbuhnya.

    Iran mengakui mereka tidak sengaja menjatuhkan pesawat maskapai Ukraina ketika tengah bersiaga melakukan serangan terhadap Amerika Serikat. Serangan tersebut atas balasan terhadap kematian Soleimani oleh pesawat tanpa awak AS.

    Tragedi itu menewaskan 176 orang. Kebanyakan dari mereka adalah warga Iran dan Kanada.

    Pengakuan Iran tersebut memicu protes besar dari warganya. Tak hanya di Teheran, protes juga terjadi di kota lainnya di Iran.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id