Pilpres Mesir, Sisi Hampir Dipastikan Terpilih Kembali

    Arpan Rahman - 24 Maret 2018 13:40 WIB
    Pilpres Mesir, Sisi Hampir Dipastikan Terpilih Kembali
    Poster kampanye Presiden Sisi terpampang di Kairo, Mesir, 23 Maret 2018. (Foto: AFP/FETHI BELAID)
    Kairo: Mesir akan memilih presiden berikutnya dalam pemilihan umum pada Senin 26 Maret 2018. Presiden Abdel Fattah al-Sisi diperkirakan menang mudah dan mengamankan periode kedua untuk empat tahun ke depan.

    Sekitar 60 juta warga Mesir terdaftar untuk mengikuti pilpres selama tiga hari, yakni 26, 27, dan 28 Maret.

    Mereka akan dihadapkan pada dua pilihan: petahana dan Moussa Mostafa Moussa, seorang politikus yang namanya kurang dikenal. Moussa mendaftar tepat sebelum tenggat pencalonan, sehingga pilpres Mesir tidak hanya diikuti calon tunggal.

    "Moussa Mostafa Moussa memiliki sedikit kesempatan untuk memenangkan sejumlah besar suara. Kampanyenya lemah, banyak orang bahkan tidak tahu dia sedang ikut pemilu, dan dia umumnya kurang dikenal," kata Mostafa Kamel al-Sayed, profesor ilmu politik di Universitas Kairo.

    Dalam wawancara yang disiarkan di televisi Mesir pekan ini, Sisi mengatakan tidak adanya lawan serius dalam pilpres ini bukanlah kehendaknya.

    "Saya berharap kami memiliki satu, atau dua, atau tiga, atau 10 dari orang-orang terbaik, dan Anda bisa memilih apapun yang Anda inginkan," kata Sisi, seperti dilansir AFP, Sabtu 24 Maret 2018.

    Pada pemilu 2014, Sisi menghadapi Hamdeen Sabbahi, politikus sayap kiri yang jauh lebih dikenal daripada Moussa. Meski demikian, Sisi berhasil memenangkan 96,9 persen suara.

    Kekhawatiran dalam pilpres kali ini adalah tingkat keikutsertaan warga. Sebelumnya Sisi menekankan pentingnya bagi warga Mesir untuk bersama-sama mengikuti pilpres.

    Tingkat keikutsertaan warga dalam pilpres 2014 adalah 37 persen di hari kedua. Angkanya mencapai 47,5 persen di hari terakhir.




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id