Pelapor Khusus PBB Selidiki Kasus Khashoggi di Turki

    Sonya Michaella - 25 Januari 2019 15:55 WIB
    Pelapor Khusus PBB Selidiki Kasus Khashoggi di Turki
    Jamal Khashoggi. (Foto: AFP)
    Ankara: Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) akhirnya mengirim pelapor khusus ke Turki untuk menyelidiki kasus kematian jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi. Penyelidikan ini disebut PBB sebagai penyelidikan independen.

    Selama lima hari, Agnes Callamard akan menyelidiki kasus Khashoggi dan hasilnya akan dipaparkan di Dewan HAM PBB di Jenewa pada Juni mendatang.

    "Saya yang meminta kepada PBB dan Dewan HAM agar diperbolehkan menangani kasus ini. Saya akan ditemani oleh tiga ahli, di antaranya ahli forensik," kata Callamard, dikutip dari Guardian, Jumat 25 Januari 2019.

    Callamard merupakan ahli tentang eksekusi di luar hukum. Ia juga mengevaluasi kondisi kejahatan serta tanggungjawab negara dan individu untuk pembunuhan misterius.

    Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu telah mengatakan sudah waktunya penyelidikan internasional dilakukan terhadap kasus misterius ini. Dia juga menyatakan Turki telah memerintahkan persiapan untuk membantu penyelidikan.

    Khashoggi dinyatakan hilang pada 2 Oktober 2018 setelah memasuki Konsulat Arab Saudi di Istanbul. Sejak saat itu, ia tak pernah lagi terlihat. Sempat mengelak, Arab Saudi akhirnya menyatakan bahwa Khashoggi tewas dibunuh.

    Sementara itu, CIA menyimpulkan bahwa pembunuhan Khashoggi kemungkinan besar atas perintah Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. Sebab, Khashoggi, yang merupakan jurnalis The Washington Post, kerap mengkritik pemerintahan Arab Saudi.

    Arab Saudi sendiri menolak bekerja sama dengan Turki dan sedang melakukan proses pengadilan terhadap 12 tersangka. Kasus ini seakan ditutup rapat oleh Arab Saudi sehingga bukti, pembelaan hingga sidang tidak diketahui media. 




    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id