Sekjen OKI Ucapkan Selamat Atas Kesuksesan Pemilu Indonesia

    Fajar Nugraha - 19 April 2019 08:25 WIB
    Sekjen OKI Ucapkan Selamat Atas Kesuksesan Pemilu Indonesia
    Ucapan selamat datang dari dunia internasional kepada Paslon 01, usai pemilu. (Foto: Media Indonesia).
    Kairo: Sekretaris Jenderal Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) mengucapkan selamat atas lancarnya pemilu yang berjalan di Indonesia. Pujian diarahkan Sekjen OKI Yousef Al-Othaimeen kepada rakyat dan Pemerintah Indonesia.

    Baca juga: Jokowi Dapat Selamat dari Mahathir hingga Erdogan.

    “Selamat kepada rakyat dan pemerintah Indonesia yang telah melakukan pemilu yang aman dan sukses. Indonesia telah menunjukkan kedewasaan dan tanggung jawab dari rakyatnya melalui pemilu ini,” pernyataan Sekjen Al-Othaimeen, dalam keterangan tertulis, yang dikutip Medcom.id, Jumat, 19 April 2019.

    “OKI yakin dengan kesuksesan Pemilihan Umum 2019 di Indonesia akan memberikan kontribusi kuat untuk praktik demokrasi. Termasuk juga membuahkan kemakmuran dan kemajuan dari rakyat dan Pemerintah Indonesia,” imbuhnya.

    OKI dalam pemilu kali ini juga mengirimkan Misi Pengawas Pemilu (Election Observation Mission) untuk mengawasi jalannya pemilu Indonesia.

    “Kami mengakui bahwa pemilu berjalan secara terbuka, damai dan tertib. Jalannya pemilu sesuai dengan aturan yang ditetapkan Indonesia dan norma internasional,” jelasnya.

    Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga mendapatkan ucapan selamat dari 22 kepala negara yang menelponnya secara langsung.

    Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Long dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menghubungi Jokowi pada Kamis 18 April. Menurut dia, para kepala negara itu kagum atas keberhasilan Indonesia melaksanakan pemilu presiden dan legislatif secara bersamaan. Apalagi, Indonesia merupakan negara besar dengan banyak pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

    Pemilu serentak telah dilakukan pada Rabu, 17 April 2019 kemarin. Dari hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei, Jokowi-Ma'ruf unggul dengan perolehan suara rata-rata di atas 54 persen, sedangkan rivalnya Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sekitar 44 persen.
     
    Namun, kubu Prabowo enggan mengakui hasil hitung cepat yang disiarkan sejumlah media nasional. Dia mengeklaim pihaknya sebagai pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 berdasarkan penghitungan internal jajarannya. Relawan pun diminta mengawal suara di daerah.
     
    Sementara itu, Ketua Komisi pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menegaskan hasil hitung cepat hanya bisa dijadikan sebuah referensi. KPU akan mengumumkan resmi hasil perhitungan suara yang sah pada 22 Mei 2019.


    Untuk hasil lengkap hitung cepat dalam diakses melalui:
    https://www.medcom.id/quickcount

     



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id