Presiden Iran: Siapa pun yang Bersalah Harus Dihukum

    Fajar Nugraha - 14 Januari 2020 16:22 WIB
    Presiden Iran: Siapa pun yang Bersalah Harus Dihukum
    Presiden Iran Hassan Rouhani inginkan pelaku penembakan pesawat Ukraina dihukum. Foto: AFP
    Teheran: Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan bahwa semua orang yang bertanggung jawab atas kecelakaan penembakan sebuah pesawat Ukraina minggu lalu harus dihukum.

    "Bagi orang-orang kami, sangat penting dalam insiden ini bahwa siapa pun yang bersalah atau lalai pada tingkat apa pun, menghadapi keadilan,” katanya dalam pidato yang disiarkan televisi.

    "Siapa pun yang bersalah harus dihukum," kata Rouhani.

    "Pengadilan harus membentuk pengadilan khusus dengan hakim tingkat tinggi dan puluhan ahli. Seluruh dunia akan menonton,” tegas Rouhani, seperti dikutip AFP, Selasa, 14 Januari 2020.

    Pesawat Ukraine International Airlines dijatuhkan oleh rudal tak lama setelah lepas landas dari Teheran Rabu lalu. Insiden ini menewaskan semua 176 penumpang dan awak di pesawat.

    Iran selama berhari-hari membantah klaim Barat berdasarkan intelijen AS bahwa pesawat itu telah jatuh oleh rudal. Namun pada Sabtu, Iran akhirnya mengakui bahwa pesawat jatuh karena tembakan rudal.

    Iran pun kini berada di bawah tekanan internasional untuk memastikan penyelidikannya ke dalam tragedi itu penuh dan transparan. Penanganan pihak berwenang atas bencana udara ini juga membuat marah rakyat Iran.

    Video yang diposting di jejaring sosial pada Senin 13 Januari menunjukkan warga turun ke jalan selama tiga hari berturut-turut. Para demonstran tampaknya meneriakkan slogan-slogan menentang pemerintahan Iran.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id