Karantina Korona Berakhir, 200 Warga Australia Dipulangkan

    Willy Haryono - 18 Februari 2020 08:05 WIB
    Karantina Korona Berakhir, 200 Warga Australia Dipulangkan
    Sejumlah penumpang pesawat mengenakan masker saat tiba di sebuah bandara di Sydney, Australia, 23 Januari 2020. (Foto: AFP/PETER PARK)
    Perth: Lebih dari 200 warga Australia dipulangkan ke rumah masing-masing usai menjalani karantina virus korona Covid-19 selama 14 hari di Christmas Island. Mereka semua adalah warga Australia yang dievakuasi dari provinsi Hubei, Tiongkok, pada 3 Februari.

    Hubei merupakan sebuah provinsi di Tiongkok yang menjadi pusat penyebaran virus korona Covid-19 sejak akhir 2019.

    Karena virus korona tidak terdeteksi selama masa karantina di Christmas Island, mereka semua dipulangkan ke enam kota di Australia. Banyak dari mereka, termasuk anak-anak, mengaku lega dan senang.

    "Saya senang bisa pulang sekarang. Saya merasa sangat beruntung," kata Catherine Chen yang mendarat di Perth, dikutip dari kantor berita ABC, Selasa 18 Februari 2020.

    Chen, yang menjalankan pusat penitipan anak di Australia Barat, terpisah dari sang suami selama sebulan usai mengunjungi Hubei bersama kedua anaknya.

    Selain Chen, Mel Pleno juga mengungkapkan kegembiraannya. "Kami berterima kasih kepada Pemerintah Australia yang telah menyewa sebuah pesawat untuk mengangkut kami semua," tutur Pleno yang telah mendarat dengan selamat di Sydney.

    Semua warga Australia yang telah dikarantina di Christmas Island tidak akan menjalani pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.

    Sementara itu, jumlah korban tewas wabah virus korona Covid-19 kembali bertambah dan melewati 1.800 orang pada Selasa ini. Data terbaru ditambahkan usai otoritas Hubei melaporkan adanya 93 kematian terbaru.
     
    Dalam keterangan terbaru, Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok juga mencatat ada 1.807 kasus terbaru virus korona Covid-19. Angka tersebut relatif lebih rendah bila dibanding Senin kemarin.
     
    Tambahan kasus baru menempatkan total angkanya melampaui 72.300 di seantero Tiongkok. Sementara untuk pasien sembuh virus korona Covid-19, jumlahnya telah melewati 11 ribu.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id