comscore

Anggota Parlemen Kosovo Lempar Gas Air Mata Dalam Persidangan

Marcheilla Ariesta - 23 Maret 2018 08:17 WIB
Anggota Parlemen Kosovo Lempar Gas Air Mata Dalam Persidangan
Seorang anggota parlemen oposisi Kosovo melempar tabung gas air mata selama sesi parlemen di Pristina pada 21 Maret 2018. Foto: AFP PHOTO / Armend NIMANI.
Pristina: Anggota Parlemen Kosovo mengamuk dan melempar gas air mata saat sidang tengah berlangsung. Diketahui para politisi dari Partai Vatevendosje melepaskan tiga tabung gas air mata dari mejanya sebagai upaya menghentikan pemungutan suara terkait perjanjian perbatasan dengan Montenegro.

Dari rekaman yang beredar, nampak seorang anggota partai tersebut melepas tiga tabung gas air mata dari mejanya. Kemudian dilanjutkan seorang lainnya dengan melempar kaleng tersebut ke depan ruang sidang.
Akibat insiden ini, ruang sidang dipenuhi asap dan para politisi meninggalkan ruangan.

Ketua Parlemen, Kadri Verseli, terpaksa menunda sidang agar petugas bisa membersihkan gas air mata supaya pemungutan suara bisa kembali dilakukan.

Perjanjian perbatasan ini sudah tak pernah dibahas di parlemen sejak 2015 karena banyak menuai protes. Partai Vatevendosje sendiri telah lama menolak kesepakatan perbatasan itu. Mereka khawatir perjanjian tersebut malah akan memperkuat pengaruh Montenegro dan Serbia terhadap Kosovo.

Insiden gas air mata ini mendapat kecaman dari seluruh anggota parlemen. Bahkan, Duta Besar Amerika Serikat untuk Kosovo, Greg Delawie, mengutuk tindakan anggota Partai Vatevendosje, menganggapnya sebagai alat politik untuk mengacaukan sidang.

"Saya mendesak anggota parlemen untuk berkumpul kembali dan menyelesaikan pemungutan suara hari ini," tegasnya, seperti dikutip dari BBC, Kamis, 22 Maret 2018.

Pasalnya, jika masalah perbatasan tak segera diselesaikan, warga Kosovo terancam tak bisa melakukan perjalan ke wilayah Uni Eropa. Penyebabnya, Kosovo merupakan negara yang belum mendapat izin dan kemudahan untuk melancong ke negara-negara persatuan di Benua Biru tersebut.

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id