Iran Bantah Tuduhan AS Serang Kapal Tanker

    Marcheilla Ariesta - 14 Juni 2019 08:24 WIB
    Iran Bantah Tuduhan AS Serang Kapal Tanker
    Kapal tanker minyak diserang torpedo di perairan Teluk Oman. (Foto: AFP).
    Teheran: Iran dengan tegas membantah klaim Amerika Serikat (AS) yang menyatakan mereka dalang serangan terhadap dua kapal tanker minyak di Teluk Oman. 

    "Iran dengan tegas menolak klaim tidak berdasar AS terkait dengan insiden kapal tanker minyak, 13 Juni 2019, dan mengutuk tuduhan yang diberikan AS," kata pemerintah Iran dalam sebuah pernyataan tertulis, dilansir dari BBC, Jumat, 14 Juni 2019.
    Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyalahkan Iran atas serangan tidak beralasan di dua kapal tanker tersebut. Dia menambahkan Washington telah membuat penilaian berdasarkan intelijen mengenai jenis senjata yang digunakan.

    Kapal tanker minyak milik perusahaan Norwegia itu ditembak dengan torpedo. Salah satu kapal memiliki kerusakan cukup parah.

    Puluhan awak kapal diselamatkan dari dua kapal tanker tersebut. Namun, Iran dan AS saling klaim bahwa mereka mengevakuasi para kru.

    Baca juga: Saling Klaim Evakuasi Dua Kapal Tanker di Teluk Oman

    Iran mengatakan angkatan lautnya telah menyelamatkan 44 awaknya setelah kedua kapal itu terbakar dalam kecelakaan di lepas pantai. Tetapi Armada Kelima AS mengatakan kapal perangnya telah menerima panggilan darurat dari kedua kapal dalam 'laporan serangan'.

    Otoritas Maritim Norwegia mengatakan tiga ledakan dilaporkan di atas kapal tanker milik Norwegia Front Altair setelah "diserang" bersama dengan kapal pengangkut barang milik Singapura, Kokuka Courageous.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id