turki  

Buat Kartun Hina Erdogan, 4 Mahasiswa Turki Ditahan

Fajar Nugraha - 12 Juli 2018 13:18 wib
Empat mahasiswa ditahan karena menghina Presiden Turki Recep
Empat mahasiswa ditahan karena menghina Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (Foto: AFP).

Ankara: Pada perayaan kelulusannya, empat mahasiswa Turki melakukan tindakan yang dianggap menghina Presiden Recep Tayyip Erdogan.
 
Empat mahasiswa itu melakukan tingkahnya pada 6 Juli lalu di Ankara. Saat itu mereka merayakan kelulusan dari The Middle East Technical University.
 
Mereka membawa sebuah kain yang menunjukkan kartun seekor binatang dengan wajah mirip dengan Erdogan. Kartun itu sebelumnya muncul di sebuah majalah satir 12 tahun lalu, ketika Erdogan menjabat sebagai perdana menteri.
 
Saat itu Pengadilan Ankara membebaskan tuntuan penghinaan yang diajukan oleh pihak Erdogan, karena dianggap masih dalam batas kebebasan berpendapat.
 
Sementara untuk empat mahasiswa ini, kantor berita Anadolu, Rabu 11 Juli mengatakan, "Mereka sudah ditangkap untuk penyelidikan atas dugaan penghinaan terhadap Erdogan".
 
Ini bukan pertama kalinya warga Turki ditahan atas tuduhan menghina presiden. Pihak berwenang Turki terus menerus melakukan penangkapan terhadap penentang pemerintah, khususnya setelah percobaan kudeta yang gagal pada Juli 2016.
 
Bahkan sebelum kudeta, penangkapan terhadap jurnalis, bloger dan warga biasa kerap terjadi. Mereka umumnya dianggap telah menghina Erdogan ataupun pejabat lain.
 
Seperti contoh, seorang remaja berusia 17 tahun didakwa menghina Erdogan melalui Facebook. Kemudian adapula seorang profesor warga Turki yang dianggap menghina Erdogan karena menuduh presiden melakukan korupsi. Bahkan ada mantan ratu kecantikan Turki yang didakwa karena menulis kritikan terhadap Erdogan di sosial media.


(FJR)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.