Ribuan Warga Diyakini Masih Berada di Markas Terakhir ISIS

    Willy Haryono - 18 Maret 2019 07:21 WIB
    Ribuan Warga Diyakini Masih Berada di Markas Terakhir ISIS
    Asap putih membubung tinggi dari basis pertahanan ISIS di Baghouz, Suriah, 17 Maret 2019. (Foto: AFP/GIUSEPPE CACACE)
    Baghouz: Pasukan Demokratik Suriah atau SDF menyakini masih ada ribuan warga sipil yang terjebak di markas terakhir kelompok militan Islamic State (ISIS) di Baghouz, Suriah, Minggu 17 Maret 2019. Kemungkinan masih adanya banyak warga diakui SDF memperlambat upaya mengalahkan ISIS.

    Sejak beberapa pekan terakhir, puluhan ribu wanita, anak-anak dan orang lanjut usia dievakuasi SDF dari Baghouz. Pemandangan semacam itu masih terjadi hingga saat ini.
    "Pertempuran masih berlanjut. SDF terus bergerak ke arah tempat persembunyian Daesh," ujar juru bicara SDF Mustafa Bali di Twitter, merujuk pada akronim lain dari ISIS.

    "Beberapa posisi (ISIS) telah berhasil direbut, dan sebuah gudang senjata juga telah dihancurkan pasukan kami. SDF kini bersiaga di beberapa posisi di dalam Baghouz," lanjut dia, seperti dinukil dari media AFP.

    Di sebuah pos pengawas SDF di dalam Baghouz, seorang koresponden AFP melihat asap putih membubung tinggi dari arah basis pertahanan ISIS. Asap itu berasal dari tembakan mortir SDF dan juga serangan udara koalisi pimpinan Amerika Serikat.

    Peluncuran mortir dan juga serangan udara telah dilepaskan ke arah benteng pertahanan ISIS sejak sepekan terakhir. Ribuan militan beserta anggota keluarga mereka masing-masing memilih menyerah, namun sebagian lainnya bertahan.

    Dalam sebuah konferensi pers, jubir lainnya dari SDF Kino Gabriel mengatakan bahwa berdasarkan pengakuan sekelompok warga yang keluar dari Baghouz, masih ada sekitar "5000 orang" di dalam kota tersebut.

    Gabriel mengingatkan SDF belum dapat memverifikasi angka tersebut.

    Operasi menghancurkan ISIS di markas terakhirnya kembali dilanjutkan SDF sejak Jumat 8 Maret. Namun kemajuan operasi melambat karena ternyata masih ada ratusan warga sipil di basis pertahanan ISIS, yang disebut SDF hanya seluas 700 meter per segi.
     
    SDF mengatakan para militan yang menyerah beserta keluarga mereka akan dibawah ke kamp dekat Baghouz. Di sana, mereka semua akan diperiksa secara seksama.
     
    Meski jumlahnya kalah jauh dibanding SDF, sekelompok kecil militan ISIS masih bertahan di Baghouz. Menurut SDF, sebagian besar dari militan tersisa ini adalah warga negara asing yang bergabung dengan ISIS.

    Baca: 3.000 Militan ISIS di Suriah Menyerah dalam 24 Jam



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id