Siklon Tropis Idai Tewaskan 31 Orang di Zimbabwe

    Willy Haryono - 17 Maret 2019 09:50 WIB
    Siklon Tropis Idai Tewaskan 31 Orang di Zimbabwe
    Ilustrasi topan badai (Foto: Medcom.id)
    Harare: Sedikitnya 31 orang tewas dan puluhan lainnya hilang terkena imbas siklon tropis Idai yang menghantam sejumlah wilayah di Zimbabwe timur. Sebelumnya, siklon tersebut telah melanda negara tetangga, Mozambik.

    Kementerian Informasi Zimbabwe melaporkan di Twitter bahwa sebagian besar korban tewas ada di kota Chimanimani. Sementara Departemen Perlindungan Sipil Zimbabwe (DCP) melaporkan adanya dua mahasiswa yang tewas usai tanah longsor dan batu besar menghantam asrama mereka.

    Sebanyak 50 orang dikabarkan sempat terperangkap di balik asrama tersebut. Militer Zimbabwe memimpin operasi pencarian dan berusaha menyelamatkan semua orang yang terkena imbas siklon tropis Idai.

    "Sejauh ini total 71 orang masih dilaporkan hilang," kata DCP, seperti dikutip dari laman AFP, Sabtu 16 Maret 2019.

    Terdapat sejumlah orang yang telantar di area pegunungan setelah melarikan diri dari tanah longsor. Upaya penyelamatan mereka dengan menggunakan helikopter terkendala angin kencang dan jarak pandang yang buruk.

    Siklon Tropis Idai menghancurkan banyak rumah dan jembatan di provinsi Manicaland yang berbatasan dengan Mozambik. Seorang anggota parlemen mengatakan kepada AFP bahwa siklon telah memicu pemadaman listrik dan banjir di sejumlah wilayah Zimbabwe.

    Angin kencang dilaporkan menerbangkan atap penjara di kota Masvingo. Kubu oposisi Zimbabwe, Movement for Democratic Change (MCD) meminta pemerintah pusat untuk segera mengirim bantuan ke wilayah timur.

    "Kami butuh intervensi pemerintah pusat untuk menghindari terjadinya bencana kemanusiaan," tutur juru bicara MDC Jacob Mafume via Twitter.

    Presiden Emmerson Mnangagwa, yang saat ini sedang berkunjung ke Abu Dhabi, telah mendeklarasikan status darurat bencana di area terdampak Siklon Tropis Idai.

    "Saya turut berduka kepada semua orang yang terkena dampak Siklon Idai. Operasi penyelamatan sedang dilakukan. Saya bangga dengan semua petugas yang bekerja keras bersama para mitra internasional," tulis Presiden Mnangagwa di Twitter.

    Siklon Tropis Idai telah menghantam Mozambik pada Jumat 14 Maret, yang menewaskan sedikitnya 21 orang. Lebih dari setengah juta warga di Beira telantar karena akses keluar dari kota tersebut terputus.

    Bahkan sebelum Siklon Tropis Idai datang, hujan deras sepanjang pekan di Mozambik telah menewaskan 66 orang dan membuat 17 ribu lainnya melarikan diri dari rumah mereka masing-masing.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id