Serangan ISIS di Homs Tewaskan 50 Prajurit Suriah

    Willy Haryono - 21 April 2019 11:00 WIB
    Serangan ISIS di Homs Tewaskan 50 Prajurit Suriah
    Konvoi pasukan SDF di Suriah. (Foto: AFP)
    Damaskus: Sedikitnya 50 prajurit Suriah tewas dalam serangan yang dilancarkan kelompok militan Islamic State (ISIS) di Homs.

    Dilansir dari laman ANI, Minggu 21 April 2019, angka kematian dilaporkan grup pemantau Syrian Observatory for Human Rights atau SOHR.

    Sementara menurut laporan kantor berita Al Jazeera, serangan dilancarkan ISIS sejak Kamis 18 April, dan berlangsung selama lebih kurang dua hari.

    ISIS telah kehilangan sebagian besar wilayahnya di Suriah pada Maret lalu. Namun masih ada sejumlah militan aktif di wilayah gurun yang meningkatkan serangan mereka terhadap pasukan pemerintah atau milisi sekutu.

    Bulan lalu, Pasukan Demokratik Suriah (SDF) mengumumkan bahwa ISIS telah kehilangan Baghouz, markas terakhirnya di Suriah timur.

    "Kami mendeklarasikan kekalahan total dari kekhilafahan dan 100 persen wilayah ISIS," tulis juru bicara SDF, Mustafa Bali, di Twitter, kala itu. ISIS pernah menguasai wilayah seluas 88 ribu kilometer per segi di Suriah dan juga Irak.
     
    "Di hari yang unik ini, kami mengenang ribuan martir yang telah berkontribusi terhadap kemenangan ini," lanjut dia.

    Para pejuang SDF mengibarkan sejumlah bendera kuning di Baghouz, markas terakhir ISIS, untuk merayakan kemenangan mereka. Operasi penyerangan terakhir terhadap ISIS di Baghouz ini dimulai kembali sejak awal Maret, setelah memastikan sudah tidak ada lagi warga sipil di kota kecil tersebut.
     
    Pergerakan SDF di Baghouz terhambat banyaknya warga sipil. Jaringan terowongan yang sengaja dibuat ISIS di Baghouz untuk meningkatkan mobilitas juga mempersulit upaya SDF.

    Jatuhnya kota Baghouz adalah momen krusial dalam peperangan global melawan ISIS. Pemerintah Irak telah mendeklarasikan kemenangan melawan ISIS pada 2017.
     
    Namun sejumlah pihak meragukan ISIS sudah benar-benar dikalahkan. AS meyakini ISIS mungkin masih memiliki 15 ribu hingga 20 ribu sel aktif yang dapat beraksi sewaktu-waktu.

    Baca: Trump Sambut Baik Kekalahan ISIS di Suriah




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id