Kapal Perang AS di Laut Arab Sita Senjata Iran

    Arpan Rahman - 14 Februari 2020 20:08 WIB
    Kapal Perang AS di Laut Arab Sita Senjata Iran
    Ilustrasi (Foto:Medcom.id/M Rizal)
    Laut Arab: Sebuah kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat menyita senjata yang diyakini berasal dari Iran. Penyitaan itu termasuk 150 rudal anti-tank dan tiga rudal darat-ke-udara Iran.

    Dalam sebuah pernyataan, militer AS mengatakan, kapal penjelajah berpeluru kendali rudal, Normandy, menggeledah sebuah dhow, kapal layar tradisional, di Laut Arab pekan lalu.

    "Senjata-senjata yang disita termasuk 150 rudal anti-tank yang merupakan salinan senjata serupa dari Rusia," kata pernyataan itu.

    "Komponen senjata lain yang disita di atas kapal itu dirancang dan diproduksi Iran dan termasuk tiga rudal darat-ke-udara Iran," katanya, disadur dari Al Jazeera, Jumat 14 Februari 2020.

    Iran belum mengomentari pernyataan militer AS. Militer AS mengatakan bahwa senjata yang disita identik dengan yang disita oleh kapal perang AS lainnya pada November.

    Tahun lalu, kapal perusak berpemandu rudal Forrest Sherman menyita bagian-bagian rudal canggih yang diyakini terkait dengan Iran dari sebuah kapal yang berhenti di Laut Arab. Beberapa tahun terakhir, kapal perang AS telah mencegat dan menyita senjata Iran yang kemungkinan ditujukan untuk pemberontak Houthi di Yaman.

    Berdasarkan resolusi PBB, Teheran dilarang memasok, menjual atau mentransfer senjata di luar negeri kecuali disetujui oleh Dewan Keamanan PP. Resolusi PBB yang terpisah tentang Yaman melarang pasokan senjata kepada para pemimpin Houthi. Konflik di Yaman dilihat sebagai perang proksi antara Arab Saudi dan Iran.



    (WAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id