Militan Ledakkan Pipa Gas di Sinai Mesir

    Willy Haryono - 03 Februari 2020 07:53 WIB
    Militan Ledakkan Pipa Gas di Sinai Mesir
    Seorang polisi bersiaga di kota el-Alamien, wilayah barat Alexandria, Mesir, 21 Oktober 2017. (Foto: AFP/KHALED DESOUKI)
    Sinai: Sekelompok militan meledakkan jaringan pipa gas di Semenanjung Sinai, Mesir, Minggu 2 Februari. Serangan terjadi di lokasi yang berjarak sekitar 80 kilometer dari El-Arish.

    Menurut keterangan beberapa sumber kepada AFP, para militan datang ke area pipa gas dengan mengendarai sebuah mobil tipe 4WD. Tidak ada korban tewas dan luka dalam kejadian ini, dan belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab.

    Dikutip dari situs AFP, Senin 3 Februari 2020, pipa gas yang diserang terhubung dengan sebuah pembangkit tenaga listrik di El-Arish. Instalasi tersebut berfungsi memasok aliran listrik untuk kawasan industri dan juga perumahan di Sinai pusat.

    Beberapa media di Mesir dan Israel memberikan laporan berbeda, bahwa pipa gas yang diserang berlokasi di area Leviathan. Namun konsorsium Leviathan membantah klaim tersebut.

    Israel memulai menyalurkan gas alam ke Mesir untuk kali pertama bulan ini di bawah perjanjian bernilai USD15 miliar atau setara Rp204 triliun untuk 15 tahun ke depan.

    Pekan kemarin, kelompok ekstremis Islamic State (ISIS) menyerukan kepada semua militannya untuk meluncurkan "fase baru." ISIS juga bertekad akan melancarkan operasi penyerangan besar-besaran terhadap Israel.

    Mesir sebelumnya pernah mengekspor gas ke Israel. Namun jaringan pipa yang dipakai Mesir sering menjadi target serangan militan pada 2011 dan 2012.

    Pemerintah Mesir selama bertahun-tahun telah memerangi pemberontakan di Sinai Utara. Aktivitas di area tersebut meningkat sejak tergulingnya presiden Mohamed Morsi di tahun 2013.

    Pada Februari 2018, militer dan kepolisian Mesir meluncurkan operasi berskala nasional dalam memerangi kelompok militan, terutama di Sinai Utara,



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id