Calonkan Diri sebagai Capres, Mantan Jenderal Mesir Ditahan

    Arpan Rahman - 24 Januari 2018 13:06 WIB
    Calonkan Diri sebagai Capres, Mantan Jenderal Mesir Ditahan
    Ilustrasi: Metrotvnews.com
    Kairo: Militer Mesir menahan seorang pensiunan jenderal untuk diinterogasi, pada Selasa 23 Januari 2018. 
     
    Mereka mengumumkan sebuah penyelidikan atas upaya tersangka menantang Presiden Abdel-Fattah el-Sissi dalam pemilihan presiden yang dijadwalkan pada Maret.
     
    Dalam sebuah pernyataan audio, militer berkata pihaknya 'melakukan tindakan hukum yang diperlukan' terhadap pensiunan jenderal tersebut, Sami Anan. Anan mengumumkan pencalonannya, pada Sabtu 20 Januari 2018. 
     
    Pernyataan tersebut menuding Anan, yang menjabat kepala staf umum angkatan bersenjata Mesir antara 2005-2012, tentang 'pelanggaran dan kejahatan'. Termasuk pemalsuan dokumen dan 'hasutan melawan angkatan bersenjata.'
     
    "Anan ditawan saat ia melintasi daerah Nasr City di Kairo," ujar Samir, anak dari Anan melalui telepon. 
     
    "Mereka memaksanya keluar dari mobilnya, membawanya ke sebuah van dan pergi," kata Samir, seperti dinukil Toronto Star, Rabu 24 Januari 2018.
     
    Anan, 69 tahun, tidak dianggap sebagai penantang yang kuat melawan el-Sissi,-mantan jenderal yang telah memerintah Mesir dengan tangan besi sejak 2014-, saat dia terpilih dengan 97 persen suara. Tapi penahanannya menunjukkan seberapa jauh el-Sissi berupaya membersihkan gelanggang para penantang. Bahkan jika melakukan hal itu berarti menyingkirkan tokoh-tokoh senior di dalam kemiliteran yang merupakan fondasi politiknya.
     
    Tiga calon presiden potensial lainnya sudah mundur dari pilpres. Di antara mereka, mantan perdana menteri Ahmed Shafiq. Oleh para ajudannya, Shafiq telah ditekan agar berhenti di bawah ancaman penuntutan atas tuduhan korupsi. Selain itu, Anwar Sadat, keponakan mantan presiden.




    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id