Empat Negara di Dunia yang Menghilang dari Peta

    Marcheilla Ariesta - 26 Oktober 2020 19:06 WIB
    Empat Negara di Dunia yang Menghilang dari Peta
    Ilustrasi oleh Medcom.id.
    Jakarta: Selama kurun waktu 100 tahun, banyak negara yang menghilang dari peta dunia. Banyak faktor yang menyebabkan negara-negara tersebut bubar atau runtuh, namun konflik dalam negeri dan peperangan menjadi mayoritas penyebabnya.

    Negara-negara yang menghilang dari peta dunia tersebut banyak yang terletak di Benua Eropa. Berikut daftar negara-negara yang menghilang dari peta dunia, yang dihimpun Medcom.id dari berbagai sumber:

    1. Austro-Hungaria

    Pada masanya, negara Austro-Hungaria merupakan negara multietnis dan salah satu yang memiliki kekuatan terbesar di dunia. Negara ini juga merupakan yang terbesar kedua, dan memiliki penduduk terbanyak ketiga kala itu.

    Negara yang berbentuk kerajaan tersebut membangun industri mesin terbesar keempat di dunia, setelah Amerika Serikat, Jerman, dan Inggris Raya.

    Sayangnya, kekalahan dalam Perang Dunia I membawa dampak luar biasa bagi negara ini, ditambah dengan adanya perpecahan antar etnis. Karenanya, pada 1918, Austro-Hungaria pecah dan menjadi beberapa negara, seperti Austria, Hungaria, Ceko, dan Slovakia.

    Bahkan, beberapa wilayah di negara ini bergabung dengan Italia, Polandia, dan Rumania.


    2. Uni Soviet

    Buat yang menyukai pelajaran sejarah pasti tahu Uni Soviet merupakan negara dengan kekuatan utama dunia pada masanya. Negara ini telah menjadi rival berat Amerika Serikat.

    Uni Soviet berdiri selama kurang lebih tujuh dekade dan merupakan benteng Komunisme yang sangat kokoh di masanya. Dikutip dari Wikipedia, Soviet berkembang dengan sangat pesat walaupun menganut ekonomi sentralistik.

    Namun, bersamaan dengan runtuhnya tembok Berlin pada 1989, negara ini juga runtuh akibat hancurnya Komunisme di Eropa timur. Negara ini terpecah setidaknya menjadi 15 negara dan salah satunya adalah Rusia.

    3. Yugoslavia

    Awalnya negara ini terdiri dari Serbia, Kroasia, Slovenia, Bosnia-Herzegovina, Montenegro, dan Republik Makedonia. Namun, satu persatu memerdekakan diri dari Yugoslavia.

    Slovenia, Kroasia, dan Makedonia pada 1991 memerdekakan diri terlebih dulu. Disusul setahun kemudian oleh Bosnia-Herzegovina.

    Dua negara tersisa, yakni Serbia dan Montenegro sempat membentuk Republik Federal Yugoslavia pada 1992. Namun, pada 2003 Republik Federal Yugoslavia dibentuk ulang sehingga menjadi Serbia dan Montenegro yang menjadi akhir perjalanan Yugoslavia.

    Serbia dan Montenegro sendiri akhirnya pecah pada 2006.
     

    4. Sikkim

    Negara ini pasti asing di telinga kita. Sikkim terletak tersembunyi di Pegunungan Himalaya terhimpit India dan Tibet-Tiongkok.

    Didirkan di abad ke-17 oleh dinasti Mangyal, Sikkim diperintah Raja-imam Budha yang dikenal sebagai Chogyal. Pada 1973, kerusuhan terjadi di depan istana Chogyal oleh anti-royalis.

    Kemudian pada 1975, monarki digulingkan rakyat. Di tahun yang sama, Sikkim, melalui referendum memutuskan bergabung dengan India.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id