comscore

Patung Dewi dari Era 2500 SM Ditemukan di Jalur Gaza

Medcom - 26 April 2022 20:36 WIB
Patung Dewi dari Era 2500 SM Ditemukan di Jalur Gaza
Patung dewi Kanaan dari era 2500 Sebelum Masehi ditemukan di Jalur Gaza. (Wafa)
Khan Yunis: Seorang petani tidak sengaja menemukan patung dewi Kanaan dari 2500 Sebelum Masehi (SM) ketika bekerja di tanahnya yang terletak di sisi selatan Jalur Gaza, Senin, 25 April 2022.

Patung tersebut berbentuk sebuah kepala tanpa badan, di mana tampak mahkota ular di atasnya. Mahkota ular digunakan para dewa sebagai simbol kekuatan dan tanda sosok tak terkalahkan.
Dikutip dari kantor berita Wafa, tinggi patung itu berkisar 22 sentimeter, dan terbuat dari batu kapur.

Patung Kanaan yang ditemukan diketahui menggambarkan dewi Kanaan Anah. Menurut mitologi Kanaan, ia merupakan dewi cinta, keindahan dan perang. Dewi Anah disebut menandakan kemenangan dan kebahagiaan. 

Banyak penemuan arkeologi dan sejarah di Gaza terjadi dalam sebuah periode khusus, di saat kegiatan ekskavasi marak dilakukan. Dalam rangkaian ekskavasi tersebut, terdapat sejumlah indikasi mengenai adanya beragam peradaban lain di tanah Palestina di masa lalu.

Baca:  Wow, 250 Makam Berusia 4.200 Tahun Ditemukan di Mesir

Pada 2013, sebuah patung perunggu yang diduga sosok Dewa Yunani kuno, Apollo, ditemukan nelayan bernama Jawdat Abu Ghurab di perairan Gaza. Patung itu sempat ditawarkan di situs jual beli eBay.

Menurut estimasi kala itu, patung yang merupakan dewa puisi dan cinta tersebut berumur 2.500 tahun. Nilai patung tersebut tidak diketahui, meski dapat dipastikan bernilai fantastis.

Ghurab pernah mencoba menyelundupkan patung itu ke Mesir, tapi tidak terlaksana karena terowongan penghubung wilayah Gaza dan Mesir ditutup. Ia kemudian menitipkannya kepada seorang anggota Hamas.

Patung tersebut pernah muncul di eBay dengan harga USD500.000, namun menghilang dari daftar beberapa saat setelahnya. (Kaylina Ivani)

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id