Pesawat Jatuh, Pilot F-16 Belgia Tersangkut Kabel Listrik

    Marcheilla Ariesta - 19 September 2019 19:02 WIB
    Pesawat Jatuh, Pilot F-16 Belgia Tersangkut Kabel Listrik
    Ilustrasi (Foto:MI)
    Brittany: Sebuah jet tempur F-16 milik Belgia dilaporkan jatuh di Brittany, Prancis. Seorang pilotnya disebut tersangkut di kabel listrik.

    Insiden ini terjadi pada Kamis, 19 September 2019, pukul 10.30 waktu setempat.

    Ouest France melaporkan pesawat itu lepas landas di pangkalan udara Florennes, dekat Namur, Belgia. Pesawat ini tengah dalam perjalanan ke pangkalan udara Angkatan Udara Prancis di Lann-Biuoué, Prancis barat.

    Kedua pilot berhasil keluar dari pesawat, namun seorang dilaporkan tersangkut di kabel listrik bertegangan tinggi, 250.000 volt. Sementara seorang lainnya mendarat dengan aman.

    "Jenis pesawat F-16 ini tidak memiliki senjata," kata pejabat setempat, dikutip dari The Guardian.

    Seorang juru bicara kementerian pertahanan Belgia mengatakan penyelidik Direktorat Keselamatan Penerbangan telah dikirim ke tempat kejadian untuk mencari tahu penyebab kecelakaan itu.

    Menurut wartawan setempat, layanan darurat dikirim untuk menyelamatkan pilot kedua. Dia ditemukan tergantung dengan parasutnya di kabel listrik.

    Sementara itu, seorang juru bicara kepolisian Prancis mengatakan tidak ada luka-luka di antara penduduk setempat. Saat ini, 100 polisi telah dikerahkan ke lokasi kecelakaan untuk mencari petunjuk penyebab insiden itu terjadi.

    Kepala layanan darurat, Cyril Berrod, menuturkan banyak penyelamat telah dikirim ke tempat kejadian. "Untuk saat ini kita tidak bisa bicara lebih banyak. Pilot adalah prioritas kami," kata Berrod.

    Jet F-16 jatuh 50 meter dari sebuah rumah, merusak bagian atap di bagian belakang. Pemiliknya berhasil dievakuasi.

    "Kami berada di taman. Ada pesawat terbang melintas di atas pohon. Kami mendengar letusan keras, beberapa saat kemudian, ada ledakan kedua. Kemudian diam," imbuh seorang penduduk setempat kepada Ouest-Prancis.

    F-16 Fighting Falcon adalah pesawat supersonik bermesin tunggal yang awalnya dikembangkan untuk Angkatan Udara Amerika Serikat. Jet ini pertama kali digunakan pada 1973.



    (WAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id