comscore

Berlian Biru Langka Akan Dilelang, Ditaksir Bernilai Rp687,8 Miliar

Medcom - 18 Februari 2022 16:07 WIB
Berlian Biru Langka Akan Dilelang, Ditaksir Bernilai Rp687,8 Miliar
De Beers Cullinan Blue adalah berlian biru paling besar dan paling mahal yang pernah dilelang. Foto: AFP
New York: Belum lama ditemukan, De Beers Cullinan Blue adalah berlian biru paling besar dan paling mahal yang pernah dilelang. Perusahaan lelang Sotheby’s akan melelangnya di Hong Kong bulan April mendatang di mana diperkirakan berlian tersebut bernilai lebih dari USD48 juta atau sekitar Rp687,8 miliar.

“Langka karena ukurannya. Itu lebih dari 15 karat. Warnanya biru cerah. Bagian dalamnya sempurna. Serta, sungguh, aspek yang paling langka adalah potongannya,” ujar Frank Everett, wakil presiden dan direktur penjualan Sotheby’s, dilansir dari The Straits Times, Jumat, 18 Februari 2022.
Tahun 2021, batu itu didapatkan di Tambang Cullinan Afrika Selatan. Tambang tersebut merupakan satu dari jumlah kecil sumber berlian biru di dunia.

“Menurut saya, kita akan melihat ketertarikan yang luar biasa pada batu ini ketika akhirnya masuk pelelangan,” kata Everett.

Everett menyampaikan bahwa pasar perhiasan sangat kuat dalam beberapa tahun terakhir, dengan berlian berwarna sebagai salah satu segmen terkuat. Biru adalah salah satu warna yang paling diminati.

Institut Gemologi Amerika (GIA) menilai berlian tersebut sebagai ‘Fancy Vivid Blue’. Sotheby’s menyebut penilaian tersebut adalah penilaian warna tertinggi dan hanya disematkan ke 1 persen berlian biru yang diserahkan ke GIA. (Kaylina Ivani)
 

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id