Gunung Es Sebesar Tiga Kali Luas Jakarta Tenggelam - Medcom

    Gunung Es Sebesar Tiga Kali Luas Jakarta Tenggelam

    Marcheilla Ariesta - 01 Oktober 2019 17:36 WIB
    Gunung Es Sebesar Tiga Kali Luas Jakarta Tenggelam
    Patahan es yang terpisah dari lapisan es Emery. Foto: Guardian
    Antartika: Gunung es yang ukurannya tiga kali lebih luas dari Jakarta, tenggelam di Antartika timur. Gunung es bernama D-28 itu terpisah dari lapisan es Amery pada 26 September lalu.

    Peristiwa gunung es berukuran 1.636 kilometer persegi ini merupakan pecahan besar pertama di lapisan es Amery sejak tahun 1964. Meski demikian, para ilmuwan mengatakan tidak percaya hal ini terjadi terkait dengan perubahan iklim.

    Pasalnya, retakan es terjadi di sebelah lokasi, dikenal sebagai loose tooth, yang selama ini dilihat oleh para ilmuwan.

    Amery merupakan paltform es terapung yang membentuk lapisan es Antartika bertemu lautan. Lapisan es ini bekerja dengan cara yang mirip dengan penopang arsitektur, mereka berfungsi menahan aliran es yang mencair.

    Lapisan es Amery memiliki luas apung diperkirakan mencapai 60.000 kilometer persegi. Air bisa menembus lebih dari 550 kilometer di bawahnya.

    Dilansir dari The Guardian, Selasa 1 Oktober 2019, para ilmuwan dari program Antartika Australia, Institut Studi Kelautan dan Antartika, dan Lembaga Scripps Oseanografi telah memantau situs ini selama hampir 20 tahun.

    Helen Amanda Fricker, seorang profesor Scripps mengatakan, para ilmuwan pertama kali memperhatikan keretakan di bagian depan lapisan es pada awal 2000-an dan memperkirakan gunung es besar akan pecah antara tahun 2010 dan 2015.

    Lapisan es Amery adalah yang terbesar ketiga di Antartika dan terletak di antara stasiun penelitian Davis dan Mawson Australia. Para peneliti telah mempelajari lapisan es sejak 1960-an dan saat ini memiliki instrumen di atas es yang mengukur dampak pencairan lautan dan aliran es.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id