comscore

Berlian Terbesar Ketiga di Dunia Ditemukan di Botswana

Fajar Nugraha - 17 Juni 2021 15:55 WIB
Berlian Terbesar Ketiga di Dunia Ditemukan di Botswana
Berlian seberat 1.098 karat yang ditemukan di Botswana. Foto: Stuff/Facebook
Gaborone: Sebuah perusahaan pertambangan di Botswana telah menemukan berlian seberat 1.098 karat. Ini adalah berlian terbesar ketiga di dunia.

Lynette Armstrong, penjabat Direktur Pelaksana Debswana Diamond Company mengatakan, ini adalah berlian terbesar yang ditemukan oleh perusahaan dalam 50 tahun sejarahnya.
“Dari analisis awal kami, itu bisa menjadi batu permata berkualitas terbesar ketiga di dunia,” kata Armstrong, menurut The Guardian, Kamis 17 Juni 2021.

Berlian tersebut ditemukan pada 1 Juni di Tambang Jwaneng di selatan negara itu. Batu, yang belum diberi nama, cukup besar dalam genggaman tangan pria dewasa.

Tim Debswana melihat berlian itu dan memastikannya terlindungi saat bergerak melalui proses pemulihan. Sebelum ini, berlian terbesar yang ditemukan di Tambang Jwaneng, yang dikenal sebagai Prince of Mines, adalah 446 karat pada 1993.

Armstrong mengatakan permata "langka dan luar biasa" itu membawa harapan bagi bangsa yang sedang berjuang.

Berlian itu diserahkan kepada Presiden Botswana Dr Mokgweetsi Masisi pada Rabu waktu setempat, yang mengatakan hasil penjualannya akan digunakan untuk memajukan pembangunan nasional di negara itu, seperti biasa.

Armstrong mengatakan belum ada keputusan yang dibuat mengenai bagaimana mereka akan menjual batu yang belum dinilai.

Mereka memutuskan antara menjualnya melalui saluran De Beers, yang sebagian besar dimiliki oleh Anglo American, atau Okavango Diamond Company milik negara. Debswana sendiri adalah perusahaan patungan oleh De Beers dan Pemerintah Botswana.

Berlian terbesar yang pernah ditemukan adalah Berlian Cullinan yang ditemukan di Afrika Selatan pada 1905 dengan berat 3.107 karat, diikuti oleh berlian Lesedi La Rona 1.111 karat yang ditemukan di Botswana pada 2015.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id