Kapal Selam AS Ditemukan usai Hilang 75 Tahun

    Willy Haryono - 12 November 2019 11:02 WIB
    Kapal Selam AS Ditemukan usai Hilang 75 Tahun
    USS Grayback berada di dasar laut di lepas pantai Okinawa, Jepang, selama 75 tahun. (Foto: TIM TAYLOR/LOST 52 PROJECT)
    Washington: Sebuah kapal selam milik Amerika Serikat akhirnya ditemukan setelah berada di dasar Laut China Timur selama lebih kurang 75 tahun.

    USS Grayback dan 80 kru di dalamnya dinyatakan hilang pada 1944, saat diserang sebuah pesawat militer Jepang di era Perang Dunia II. Kapal selam itu ditemukan di lepas pantai Okinawa, Jepang, usai tim eksplorasi menemukan sejumlah dokumen yang menunjukkan koordinat akurat tenggelamnya USS Grayback.

    Dokumen itu sempat salah diterjemahkan, dan koordinatnya juga kehilangan satu digit angka. Keluarga dari 80 kru USS Grayback telah mendapat informasi mengenai penemuan ini.

    Kathy Taylor, yang pamannya merupakan salah satu kru USS Grayback, mengaku lega. "Sejak kecil saya sudah bertekad, bahwa saya akan menemukan paman saya, atau menjaga agar memorinya tetap hidup," ucap Taylor kepada ABC News, dikutip dari BBC, Selasa 12 November 2019.

    Lost 52 Project -- sebuah tim pencari semua kapal selam AS era PD II -- memimpin misi pencarian di lepas pantai Okinawa. Tim menyadari koordinat yang selama ini mereka yakini sebagai lokasi karamnya USS Grayback ternyata meleset jauh, hingga 160 kilometer.

    Dengan dibantu teknologi kapal selam tanpa awak, Lost 52 Project berhasil menemukan lokasi pasti USS Grayback, yang berada di kedalaman 450 meter.

    "Konfirmasi situs penemuan akan memastikan bahwa kapal militer tersebut akan dilindungi dari segala jenis gangguan, dan menjadikannya tempat peristirahatan terakhir para pelaut kita," sebut Tim Taylor, kepala misi pencarian.

    Pernah menenggelamkan 14 kapal selama PD II, USS Grayback adalah satu dari 52 kapal perang AS yang dinyatakan hilang dalam tugas. USS Grayback menerima dua penghargaan Navy Unit Commendation dan delapan bintang kehormatan.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id