Orangutan di Kebun Binatang AS Disuntik Vaksin Covid-19

    Harianty - 05 Maret 2021 18:05 WIB
    Orangutan di Kebun Binatang AS Disuntik Vaksin Covid-19
    Orangutan di Kebun Binatang San Diego disuntik vaksin covid-19. Foto: AFP



    San Diego: Sebanyak sembilan kera besar di Kebun Binatang San Diego, Amerika Serikat (AS) menerima suntikan vaksin covid-19 eksperimental. Awalnya vaksin itu dirancang untuk anjing dan kucing.

    “Empat orangutan dan lima bonobo di AS membuat sejarah kedokteran hewan dalam beberapa pekan terakhir sebagai primata non-manusia pertama di dunia yang diketahui divaksinasi covid-19,” kata pejabat kebun binatang, seperti dikutip Al Jazeera, Jumat, 5 Maret 2021.






    Salah satu penerima adalah orangutan betina Sumatera berusia 28 tahun bernama Karen. Dia sempat menjadi perhatian berita utama di kebun binatang saat menjadi kera pertama yang menjalani operasi jantung terbuka pada 1994.

    “Masing-masing dari sembilan hewan menerima dua dosis vaksin eksperimental yang awalnya dirancang untuk anjing dan kucing. Kera tidak menunjukkan reaksi merugikan, dan semuanya dalam keadaan baik,” kata Juru Bicara Kebun Binatang San Diego, Darla Davis.

    Petugas kebun binatang melanjutkan pengambilan gambar karena kekhawatiran tentang kesejahteraan hewan setelah pasukan delapan gorila di Taman Safari Kebun Binatang San Diego, jatuh sakit akibat covid-19 pada Januari. Ini menandai penularan virus pertama yang diketahui ke kera besar.

    “Kesehatan gorila, termasuk ‘punggung perak’ jantan berusia 48 tahun bernama Winston yang menderita pneumonia dan penyakit jantung, telah membaik. Mereka tampaknya sedang dalam pemulihan penuh,” kata Davis.

    Winston dirawat dengan berbagai obat, termasuk terapi antibodi virus korona untuk nonmanusia.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id