Istri Mantan PM Malaysia Kembali Didakwa Kasus Korupsi

    Fajar Nugraha - 10 April 2019 13:06 WIB
    Istri Mantan PM Malaysia Kembali Didakwa Kasus Korupsi
    Datin Seri Rosmah Mansor didakwa lagi atas dugaan korupsi proyek hibrida tenaga surya. (Foto: AFP).
    Kuala Lumpur: Istri dari mantan Perdana Malaysia Najib Razak, yakni Datin Seri Rosmah Mansor didakwa lagi atas proyek hibrida tenaga surya untuk sekolah-sekolah pedesaan di Sarawak.

    Dia dituduh menerima suap 5 juta Ringgit Malaysia atau Rp17,2 miliar dari Direktur Pelaksana Jepak Holdings Saidi Abang Samsudin melalui ajudannya, Datuk Rizal Mansor, di rumahnya di Jalan Langgak Duta, Taman Duta pada 20 Desember 2016.

    Uang itu adalah pelicin untuk membantu Jepak Holdings mendapatkan proyek yang dikenal sebagai "Hibrid Proyek Terpadu Sistem Solar Photovoltaic (PV)" dan genset, pemeliharaan diesel, dan operasi untuk 369 sekolah pedesaan di Sarawak senilai 1,25 Ringgit Malaysia atau sekitar Rp4,3 triliun melalui negosiasi langsung dengan Kementerian Pendidikan.

    Datin Rosmah dianggap melanggar pasal 16 (a) (A) dari Undang-Undang Anti-Korupsi Malaysia (MACC) 2009. Dia dihadapkan pada ancaman hukuman penjara hingga 20 tahun dan denda tidak kurang dari lima kali jumlah gratifikasi atau 10 ribu Ringgit Malaysia atau sekitar 34,5 juta jika terbukti bersalah.

    Perempuan berusia 68 itu, mengaku tidak bersalah setelah dakwaan dibacakan kepadanya di hadapan hakim Pengadilan Sidang Azura Alwi. Jaksa Penuntut Datuk Mohd Dusuki Mokhtar menawarkan jaminan Rosmah sebesar 1 juta Ringgit Malaysia atau sekitar Rp3,4 miliar dengan jaminan bahwa terdakwa didakwa melakukan pelanggaran serius.

    Pengacara Roshmah, Akberdin Abdul Kader keberatan dan mengatakan uang jaminan hanya untuk mengamankan kehadiran.

    "Jumlahnya terlalu tinggi. Dia adalah ibu rumah tangga penuh waktu. Kami meminta pengadilan untuk mengadopsi jaminan RM1mil yang digunakan dalam kasus sebelumnya (terkait dengan proyek yang sama)," kata Kader, seperti dikutip The Star, Rabu, 10 April 2019.

    Azura kemudian mengizinkan jaminan dari kasus Rosmah sebelumnya untuk digunakan dalam kasus ini. Mohd Dusuki juga memberi tahu pengadilan bahwa penuntut akan mengajukan permohonan untuk memindahkan kasus ini ke Pengadilan Tinggi.

    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id