comscore

India Hapus Status Kashmir untuk Kemakmuran

Sonya Michaella - 16 Agustus 2019 09:43 WIB
India Hapus Status Kashmir untuk Kemakmuran
Perdana Menteri India Narendra Modi. (Foto: AFP)
New Delhi: Perdana Menteri India Narendra Modi meyakini keputusannya menghapus status khusus Kashmir akan mengembalikan wilayah itu ke 'kejayaan seperti masa lalu' dan kemakmuran. 

Wilayah Kashmir yang menjadi sengketa antara India dan Pakistan telah menjadi konflik sporadis selama beberapa dekade dan saat ini dikunci paksa oleh India. 
"Saya tidak peduli dengan masa depan politik saya. Bagi saya, masa depan India adalah yang utama," kata Modi, dikutip dari BBC, Jumat 16 Agustus 2019.

Modi menambahkan, Pemerintah India yang lalu tidak memiliki keberanian untuk mengunci status Kashmir karena mereka khawatir dengan masa depan politik mereka.

Baca: Pakistan akan Lobi Indonesia di DK PBB Terkait Kashmir

Sementara itu, banyak warga Kashmir percaya langkah nasionalis India bertujuan untuk mengubah demografi wilayah tersebut dan mengizinkan warga India menetap di Kashmir.

India menyangkal hal ini dan secara konsisten 'membingkai' langkahnya sebagai upaya untuk memfasilitasi pembangunan ekonomi dan keamanan.

Modi juga mengindikasikan bahwa Jammu dan Kashmir pada akhirnya akan kembali mendapatkan status sebagai salah satu negara bagian di India.

Kashmir telah 'dikurung' oleh pasukan keamanan selama hampir dua pekan terakhir, yakni saat pemerintah India di New Delhi berusaha menghalangi protes terhadap langkah mereka memaksakan kontrol pusat lebih ketat atas wilayah tersebut.
 
Bahkan, internet dan komunikasi telepon telah diputus, hingga puluhan ribu pasukan tambahan dikerahkan untuk menjaga keamanan di sana. Para pasukan keamanan terlihat membanjiri kota-kota utama di Srinagar, serta desa-desa Lembah Kashmir lainnya.


(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id