Bandara Soetta Tingkatkan Pengawasan Penumpang Asal Tiongkok

    Hendrik Simorangkir - 07 Januari 2020 19:31 WIB
    Bandara Soetta Tingkatkan Pengawasan Penumpang Asal Tiongkok
    Petugas meningkatkan pengawasan di terminal kedatangan internasional di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa 7 Januari 2020. (Foto: Medcom.id/Hendrik Simorangkir)
    Tangerang: Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, meningkatkan kewaspadaan terhadap penumpang asal Tiongkok. Peningkatan tersebut dilakukan menyusul ditemukannya kasus Pneumonia berat atau virus misterius di Kota Wuhan, Tiongkok, pada akhir 2019. 

    Kepala Kantor Kesehatan (KKP) Kelas I Bandara Soekarno-Hatta Anas Ma'ruf mengatakan, kendati belum ada bukti penularan langsung dari manusia ke manusia, namun pihaknya meningkatkan pengawasan terhadap penumpang di Terminal kedatangan Internasional. Pihaknya juga telah mengeluarkan surat edaran perihal kewaspadaan dan antisipasi penyebaran penyakit Peneumonia berat yang masih misterius.

    "Kita telah melakukan kewaspadaan di pintu-pintu masuk negara. Pemerintah sudah menyerukan kepada seluruh pemangku kepentingan untuk melakukan tindakan-tindakan sesuai dengan prosedur yang ada, utamanya untuk pengawasan terhadap kedatangan dari Tiongkok," ujarnya di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa, 7 Januari 2020.

    Selain menyiagakan alat pemindai suhu tubuh (Thermal Scanner) selama 24 jam, Anas menjelaskan pihaknya juga menempatkan sejumlah petugas di Terminal 3 Kedatangan Internasional dan di Kedatangan Terminal 2F dengan alat khusus.

    "Kami meningkatkan pengawasan dari seluruh kedatangan baik penumpang maupun barang yang datang dari Tiongkok. Alat juga dinyalakan selama 24 jam dan kita tingkatkan pengawasannya," jelasnya.

    Bahkan, Anas menambahkan bahwa golf car yang digunakan untuk mengangkut penumpang menuju tempat pemeriksaan imigrasi, atapnya dibuka untuk memudahkan alat memindai suhu tubuh penumpang diangkut.

    Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama Soekarno-Hatta Herson, menjelaskan pihaknya turut melakukan pengawasan terhadap sarana dan prasarana khususnya di Terminal Kedatangan Internasional. 

    "Setelah kita evaluasi, semua peralatan yang ada ini 24 jam tetap beroperasi dan kita harapkan dari beberapa bandara yang ada di wilayah 1 Bandara Soekarno-Hatta berjalan dengan lancar, itu kita harapkan. Sehingga, ketika ada virus yang masuk, bisa kita deteksi sejak dini dengan peralatan yang disiagakan," katanya. 



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id