Indonesia Jadi Pionir Duta Muda ASEAN - Medcom

    Indonesia Jadi Pionir Duta Muda ASEAN

    Marcheilla Ariesta - 15 Oktober 2019 06:25 WIB
    Indonesia Jadi Pionir Duta Muda ASEAN
    Pemilihan Duta Muda ASEAN. Medcom.id/Marcheilla Ariesta.
    Jakarta: Kementerian Luar Negeri Indonesia menyelenggarakan kegiatan Duta Muda ASEAN. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mempromosikan ASEAN kepada masyarakat Indonesia.

    Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pidatonya menyebutkan 20 finalis Duta Muda ASEAN harus bisa menjadi corong Indonesia dan ASEAN.

    "Penting bagi Indonesia mengenal ASEAN dengan lebih baik. Karena itu Kementerian Luar Negeri membuat Duta Muda ASEAN," kata Retno dalam acara pemilihan Duta Muda ASEAN 2019 di Jakarta, Senin, 14 Oktober 2019.

    "Kami memilih anak-anak muda yang inovatif dan cerdas untuk bersama-sama melakukan desiminasi untuk masyarakat Indonesia mengenai ASEAN," imbuhnya.

    Retno menambahkan dirinya memperkenalkan program ini kepada Menlu ASEAN lainnya. Mereka mengapresiasi kegiatan ini, dan ingin mengikuti Indonesia mengadakan pemilihan Duta Muda ASEAN di negaranya.

    "Indonesia menjadi lead country dalam menjelaskan model penyelenggaraan Duta Muda ASEAN. Sebagai pionir, Kemenlu berkomitmen untuk melakukan kegiatan ini dua tahun sekali," terangnya.

    Kepada para duta muda, Retno menyampaikan tiga peran kunci mereka di ASEAN. Pertama, menjadi duta perdamaian di ASEAN.

    Kedua, menjadi suara dan wajah di ASEAN. "Presiden Joko Widodo menekankan pengembangan sumber daya manusia. Duta Muda ASEAN merupakan bagian dari generasi muda unggul Indonesia," tambahnya.

    Dan peran terakhir, yakni menjadi promotor untuk identitas ASEAN. Dia menyampaikan bahwa ASEAN memiliki motto, 'One Vision, One Identity, One Community'.

    "Kita menaruh harapan pada Duta Muda ASEAN untuk mendekatkan ASEAN kepada masyarakat Indonesia. Agar masyarakat dapat memanfaatkan berbagai peluang yang ditawarkan di ASEAN," ungkapnya.

    Sebanyak 1.031 peserta mendaftar untuk menjadi Duta Muda ASEAN. Dari ribuan peserta itu, terpilih 20 finalis yang berlaga di pemilihan Duta Muda ASEAN.

    Dari 20 finalis, dipilih lagi sebanyak 10 orang, dan dikerucutkan menjadi lima orang. Dari jumlah tersebut, terpilih tiga orang sebagai juara.

    Juara pertama diraih M. Iqbal Darmawan, wakil dari Jawa Timur. Posisi kedua diraih Jeanne Sanjaya wakil DKI Jakarta, dan ketiga oleh Lukas Norman Kbarek wakil Papua.



    (HUS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id