20 Militan Taliban Tewas dalam Serangan AS - Medcom

    20 Militan Taliban Tewas dalam Serangan AS

    Willy Haryono - 28 Juli 2019 11:03 WIB
    20 Militan Taliban Tewas dalam Serangan AS
    Pesawat jet tempur F-18 Hornet buatan AS. (Foto: AFP)
    Ghazni: Sedikitnya 20 militan grup Taliban tewas dalam serangan udara Amerika Serikat di wilayah pusat provinsi Ghazni, Afghanistan, Sabtu 27 Juli. Mengutip keterangan Pasukan Nasional Afghanistan (ANA), serangan dilancarkan di Syed Wali dan Marwarda di distrik Qarabagh.

    Dikutip dari laman Sputnik, Minggu 28 Juli 2019, operasi penyerangan dilakukan saat dialog damai putaran terbaru antara AS dan Taliban di Qatar ditunda selama dua hari.

    Di hari yang sama, Taliban mengklaim telah membunuh empat polisi dalam sebuah serangan bom bunuh diri di Ghazni. 

    Menurut laporan dari kantor berita TOLOnews, mengutip keterangan Kepala Kepolisian Ghazni Khalid Wardak, seorang militan mengendarai mobil berisi bahan peledak ke distrik Ab Band di Ghazni.
     
    Mobil itu kemudian diledakkan pelaku di dekat gerbang sebuah bangunan sekitar pukul 04.30 subuh waktu setempat. Kelompok militan Taliban mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom bunuh diri itu.

    Baca: Empat Polisi Afghanistan Tewas Terkena Bom Taliban

    Kamis kemarin, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani berbicara via telepon dan sepakat mempercepat usaha mengakhiri perang yang telah berlangsung hampir dua dekade.

    Percakapan terjadi beberapa hari usai Presiden Donald Trump mengklaim mampu mengakhiri perang di Afghanistan dalam hitungan hari, namun memilih tidak melakukannya karena berpotensi menewaskan sekitar 10 juta orang.

    Ghani dan juga mantan presiden Hamid Karzai mengecam keras pernyataan Trump tersebut. Karzai bahkan menilai komentar Trump tersebut sebagai "penghinaan besar" terhadap masyarakat Afghanistan.

    Sejauh ini, Taliban masih menolak bernegosiasi langsung dengan pemerintah Afghanistan. Salah satu alasan utamanya adalah, Taliban ingin terlebih dahulu ada tanggal pasti kapan pasukan asing dapat mundur dari Afghanistan.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id