Dialog Konflik Suriah Dilanjutkan di Astana

Willy Haryono - 14 Mei 2018 16:39 wib
Menlu Turki, Rusia dan Iran dalam pertemuan membahas konflik
Menlu Turki, Rusia dan Iran dalam pertemuan membahas konflik Suriah di Astana, Kazakhstan, 16 Maret 2018. (Foto: AFP/ALEXEY FILIPPOV)

Astana: Negosiator dari Iran, Rusia dan Turki berkumpul di Astana, ibu kota dari Kazakhstan, Senin 14 Mei 2018, dalam upaya mencari solusi politik atas konflik berkepanjangan di Suriah.

Pertemuan selama dua hari ini merupakan kali pertama dari tiga negara yang terlibat konflik Suriah. Dialog dialkukan setelah Iran dan Israel bersitegang mengenai serangkaian serangan militer pekan lalu.

Ini juga merupakan diskusi perdana ketiga negara sejak Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan penarikan diri dari perjanjian nuklir Iran.

Seperti dikutip AFP, juru bicara Kementerian Luar Negeri Kazakhstan Anuar Zhainakov mengonfirmasi delegasi tiga negara dan juga rezim Suriah telah tiba di Astana. Pembicaraan dilakukan tertutup dari awak media.

Delegasi pemberontak Suriah diharapkan datang malam ini, untuk bergabung dalam diskusi di hari kedua. 

Utusan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Suriah Staffan de Mistura juga dijadwalkan tiba di Astana hari ini.

Menurut keterangan Kemenlu Kazakhstan, negosiasi terbaru di Astana akan mendiskusikan "langkah-langkah berikutnya dalam mempercepat proses penyelesaian krisis di Suriah."

Konflik di Suriah sejak 2011 telah menewaskan lebih dari 350 ribu orang. Perang bermula dari unjuk rasa damai oposisi, yang berlanjut menjadi konflik multi-dimensi.


(WIL)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.