Pengiriman Sukhoi Masih Terkendala Masalah Teknis

    Marcheilla Ariesta - 04 September 2019 14:16 WIB
    Pengiriman Sukhoi Masih Terkendala Masalah Teknis
    Dubes Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva di kediamannya di Jakarta, Rabu 4 September 2019. (Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta)
    Jakarta: Indonesia telah meneken kontrak dengan Rusia terkait pembelian pesawat jet tempur Sukhoi F-35. Namun,menurut Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, ada kendala teknis dalam pengiriman Sukhoi ini.

    Hal tersebut dibenarkan Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva. Dia membeberkan ada beberapa kendala terkait pengiriman Sukhoi ke Indonesia.

    "Ada beberapa masalah teknis dalam kesepakatan ini. Tapi Indonesia dan Rusia sudah melakukan penandatanganan pembelian, dan masalah ada di teknisnya saja," tutur Lyudmila dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu, 4 September 2019.

    Dia mengatakan pembahasan mengenai pembelian dan pengiriman Sukhoi ini agak lambat. Penyebabnya banyak, termasuk pemilihan presiden beberapa waktu lalu.

    "Masalah teknis dalam implementasi kesepakatan ini, kita harapkan bisa segera diselesaikan agar pengiriman bisa berjalan lancar," imbuhnya.

    Beberapa waktu lalu, dilaporkan bahwa proses pembelian sebelas pesawat Sukhoi masih tertahan di Kementerian Perdagangan karena mekanisme imbal dagang antara Indonesia dan Rusia yang belum selesai. Indonesia membayar pembelian pesawat Sukhoi ini dengan uang dan imbal dagang.

    "Kalau antara saya dengan pabrik udah selesai. Kan sudah tanda tangan. Kontrak. Yang belum selesai adalah Kementerian Perdagangan. Karena ini kan pakai uang dengan pakai imbal dagang. 50 pakai uang 50 persen pakai imbal dagang," kata Menhan Ryamizard beberapa waktu lalu.

    "Artinya kita menjual karet, kelapa sawit. Ini yang belum selesai. Kalau saya sih enggak ada masalah. Sudah selesai. Tanda tangan kok. Sudah salaman. Tinggal menunggu yang kedua saja itu imbal dagang. Tinggal menunggu pesawatnya saja," lanjut dia.




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id