Indonesia Siap Pasang Badan untuk Urusan Asap

    Marcheilla Ariesta - 30 Oktober 2019 17:21 WIB
    Indonesia Siap Pasang Badan untuk Urusan Asap
    Kabut asap yang melanda Malaysia. Foto: AFP
    Jakarta: Indonesia siap menjelaskan berbagai langkah yang telah dilakukan dalam penanganan asap. Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri Jose Tavares menuturkan Indonesia akan pasang badan jika masalah asap diungkapkan di Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN di Bangkok, Thailand.

    "Indonesia siap menjelaskan bahwa kita telah mengambil langkah dan dapat dipadamkan secara cepat," kata Jose di Jakarta, Rabu. 30 Oktober 2019.

    Jose menambahkan asap juga bisa terjadi karena kondisi cuaca. Pasalnya, Indonesia tengah mengalami kemarau cukup panjang yang bisa menyebabkan kebakaran hutan.

    Meski demikian, Jose tak menampik adanya kesalahan manusia dalam pembakaran hutan. Namun, dia menambahkan, pemerintah telah mengambil langkah tegas.

    "Lebih dari 200 orang ditahan terkait pembakaran hutan, dan diproses secara hukum apabila terbukti bersalah, termasuk wakil-wakil dari perusahaan. Dan ada langkah untuk menyegel beberapa perusahaan yang lahannya terbakar untuk tidak digunakan," terangnya.

    Menurut Jose, ini merupakan langkah tegas yang dilakukan Pemerintah Indonesia dalam menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla), yang asapnya mencapai negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand.

    "Pemerintah serius menangani transboundedr haze polution ini. Jadi kalau memang isu ini diangkat, Indonesia siap untuk menjelaskan apa yang selama ini kita lakukan," pungkasnya.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id