100 Pengungsi Rohingya Diselamatkan dari Kapal Tenggelam

    Medcom - 15 November 2019 17:08 WIB
    100 Pengungsi Rohingya Diselamatkan dari Kapal Tenggelam
    Pengungsi Rohingya masih banyak yang bertahan di Bangladesh. Foto: AFP
    Kuala Lumpur: Lebih dari 100 pengungsi Rohingya berhasil diselamatkan pada Jumat 15 November 2019. Mereka diselamatkan dari kapal kayu yang ditumpangi, tenggelam di pantai selatan Bangladesh.

    Menurut penuturan dari penjaga pantai Bangladesh, para pengungsi tersebut berusaha melakukan perjalanan ke Malaysia secara ilegal.

    “Mesinnya mogok saat kapal tersebut lepas dari Pulau St. Martin di Teluk Benggala. Sekitar 119 pengungsi termasuk 58 wanita dan 14 anak-anak berada dalam bahaya tenggelam,” kata staf penjaga pantai.

    Dikutip dari Anadolu, Jumat, 15 November 2019, para penjaga pantai mencegat perahu tersebut sebelum tenggelam. Mereka juga mengatakan bahwa para pengungsi tersebut sekarang sedang ditahan.

    Menurut Amnesty International, lebih dari 750.000 pengungsi Rohingya yang sebagian besar wanita dan anak-anak, telah melarikan diri ke Bangladesh dari Myanmar.

    Alasannya karena pasukan Myanmar melancarkan penumpasan terhadap komunitas Muslim minoritas pada Agustus 2017 dan mendorong jumlah korban penganiyayaan  di Bangladesh berkisar di atas 1,2 juta.

    Sejak 25 Agustus 2017, hampir 24.000 Muslim Rohingya telah dibunuh oleh pasukan negara Myanmar, menurut sebuah laporan oleh Ontario International Development Agency (OIDA).

    Berdasarkan laporan OIDA, lebih dari 34.000 Rohingya juga dibakar hidup-hidup, sementara lebih dari 114.000 lainnya dipukuli.







    Penulis: Rifqi Akbar



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id