Satu-satunya Badak Sumatra di Malaysia Mati

    Willy Haryono - 24 November 2019 16:03 WIB
    Satu-satunya Badak Sumatra di Malaysia Mati
    Jumlah Badak Sumatra di alam liar hingga 2019 berkisar hanya ada 80 ekor. (Foto: AFP/GETTY/ANDREAS PUTRANTO)
    Sabah: Badak Sumatra di Malaysia telah punah, setelah satu-satunya spesies di Negeri Jiran itu mati akibat kanker pada Sabtu 23 November.

    Departemen Margasatwa Malaysia di Sabah mengatakan bahwa Badak Sumatra bernama Iman itu mati akibat komplikasi sistem organ tubuh. Iman mengidap tumor organ dalam sejak badak itu diamankan otoritas Malaysia pada Maret 2014.

    Direktur Departemen Margasatwa Malaysia Augustine Tuuga mengatakan bahwa Iman, berusia sekitar 25 tahun, terlihat kesakitan akibat tekanan tumor di bagian kandung kemih. Augustine menyebut kematian Iman terjadi lebih cepat dari perkiraan awal.

    Kematian Iman terjadi enam bulan usai satu-satunya badak jantan di Sabah mengembuskan napas terakhir. Sementara pada 2017, seekor badak betina di tempat penangkaran di Sabah juga mati.

    Upaya mengembangbiakkan badak di Sabah berujung gagal, namun otoritas setempat telah mengambil sejumlah sampel sel untuk skema reproduksi di masa mendatang.

    "Meski tahu cepat atau lambat kematian ini akan terjadi, kami sangat sedih," kata Menteri Lingkungan Hidup Sabah Christina Liew, dikutip dari CGTN, Minggu 24 November 2019.

    Liew mengatakan Iman beberapa kali hampir mati, termasuk saat hewan tersebut kehilangan banyak darah. Namun petugas margasatwa berhasil menyelamatkan dan memulihkan kondisinya hingga sehat kembali.

    Petugas margasatwa Sabah telah mengambil sel telur Iman untuk skema kerja inseminasi buatan dengan Pemerintah Indonesia.

    Badak Sumatra adalah spesies rhinoceros terkecil dan satu-satunya yang memiliki dua cula. Badak Sumatra pernah menjelajah jauh di seantero Asia, bahkan hingga ke India.

    Namun jumlahnya merosot drastis akibat terjadinya deforestasi dan juga perburuan liar. Grup konservasi WWF mengestimasi saat ini hanya ada sekitar 80 Badak Sumatra, yang sebagian besar hidup di pulau Sumatra.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id