Bubarkan Parlemen, Presiden Timor Leste Serukan Pemilu Dini

    Sonya Michaella - 26 Januari 2018 12:25 WIB
    Bubarkan Parlemen, Presiden Timor Leste Serukan Pemilu Dini
    Presiden Timor Leste, Fransisco 'Lu Olo' Gutteres (kiri). (Foto: Sydney Morning Herald)
    Dili: Presiden Timor Leste, Fransisco 'Lu Olo' Gutteres membubarkan parlemen dan menyerukan untuk diselenggarakan pemilihan umum sesegera mungkin. 

    Pembubaran parlemen ini disebutnya sebagai solusi kebuntuan politik. Usai menggelar pemilu pada Juli 2017 lalu, Timor Leste diguncang ricuh politik di antara pejabat pemerintahnya.

    "Saya yakin bahwa rakyat harus dipanggil sekali lagi untuk memilih, untuk mengatasi tantangan yang menganggu demokrasi kita," kata Lu Olo, dikutip dari AFP, Jumat 26 Januari 2018.

    Lu Olo menambahkan, hari dan tanggal pemilu baru ini akan ditetapkan dalam 30 hari ke depan.

    Keputusan ini juga disebabkan adanya kemacetan politik selama hampir empat bulan di tengah ketegangan antara pemerintah minoritas Perdana Menteri Mari Alkatiri dan oposisi yang berpusat untuk Rekonstruksi Timor Leste, yang dipimpin oleh mantan Presiden Xanana Gusmao.

    Anggaran pemerintah 2018 juga ditolak oleh parlemen pada Desember 2017. Ini yang kedua kali program kebijakan pemerintah ditolak setelah Oktober lalu.

    Sementara, Partai Fretilin Alkatiri, tidak mendapat cukup suara untuk memerintah sendiri dan membentuk pemerintah koalisi minoritas.

    Pada 2006 silam, Timor Leste diliputi oleh kekerasan ketika persaingan antara elit politik menyebabkan adanya konflik terbuka antara faksi-faksi di dalam pasukan keamanan.

    Timor Leste pernah diduduki oleh Indonesia pada 1975 sebelum memperoleh kemerdekaan di 2002 setelah referendum yang dibuat oleh PBB.




    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id