Jepang Siap Bantu RI Evakuasi WNI di Diamond Princess

    Marcheilla Ariesta - 19 Februari 2020 10:29 WIB
    Jepang Siap Bantu RI Evakuasi WNI di Diamond Princess
    Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii. (Foto: Medcom.id)
    Jakarta: Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii mengatakan pemerintahnya dengan senang hati akan membantu Indonesia dalam mengevakuasi semua warga negara Indonesia dari kapal pesiar Diamond Princess. Namun, kata dia, hingga saat ini belum ada pembahasan mengenai evakuasi antar kedua negara.

    "Saya pikir, itu keputusan Pemerintah Indonesia untuk melakukan evakuasi atau tidak. Kami belum mendiskusikan hal tersebut. Namun, jika mereka sudah memutuskan (untuk evakuasi), kami dengan senang hati akan membantu," tutur Dubes Ishii di Jakarta, Selasa 18 Februari 2020.

    Meski demikian, kata Dubes Ishii, harus ada komunikasi juga antara Pemerintah Indonesia dengan perusahaan yang mempekerjakan 78 WNI di Diamond Princess. Jepang juga siap memfasilitasi komunikasi tersebut.

    Sementara itu, saat ditanya mengenai rencana Jepang setelah karantina Diamond Princess berakhir hari ini, Dubes Ishii mengatakan bahwa semua penumpang yang sehat diperbolehkan untuk meninggalkan kapal dan Jepang. Namun, imbuhnya, tidak demikian dengan kru kapal.

    "Untuk kru, kami masih melakukan pembahasan dan pertimbangan dengan pihak kapal," tuturnya. Semua kru, tak hanya dari Indonesia, belum dapat meninggalkan kapal karena masih terikat kontrak dengan perusahaan.

    Kemarin, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan meminta kepada pemerintah Jepang memberikan perhatian terhadap kondisi kesehatan para kru kapal, termasuk kru warga negara Indonesia yang berjumlah 78 orang. Mereka tidak akan meninggakan Diamond Princess sebelum semua penumpang keluar.

    "Saya meminta agar otoritas Jepang memastikan agar perusahaan dapat menjamin hak-hak kru tidak tercurangkan dengan situasi seperti saat ini," tutur Menlu Retno di Kementerian Luar Negeri.

    Dari 78 ABK WNI di kapal Diamond Princess, tiga di antaranya positif terjangkit virus korona COVID-19. Dubes Ishii menuturkan, jumlah orang yang terjangkit korona di Diamond Princess masih mungkin bertambah.

    Selasa kemarin, dua WNI sudah dirawat di rumah sakit Chiba, sementara seorang lainnya masih dalam proses untuk dimasukkan ke RS.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id