Mencuri Masker, WNI Dipenjara di Hong Kong

    Marcheilla Ariesta - 21 Februari 2020 17:21 WIB
    Mencuri Masker, WNI Dipenjara di Hong Kong
    Ilustrasi oleh Medcom.id.
    Hong Kong: Virus korona COVID-19 yang menyebar dengan cepat membuat persediaan masker penutup hidung dan mulut semakin dicari. Namun, karena mencuri masker, seorang warga negara Indonesia (WNI) dipenjara oleh pihak berwenang Hong Kong.

    "Seorang pekerja migran Indonesia (PMI) atas nama Masriki didakwa dan terbukti bersalah mencuri masker di daerah Causeway Bay. Hakim telah memutuskan hukuman penjara empat minggu bagi yang bersangkutan," kata Konsul Jenderal RI untuk Hong Kong Ricky Suhendar dalam pernyataan tertulis yang diterima Medcom.id, Jumat 21 Februari 2020.

    Baca juga: Kematian Akibat Virus Korona di Luar Tiongkok Meningkat.

    Tak hanya itu, Masriki juga diperintahkan untuk mengembalikan uang sebesar 12.000 dolar Hong Kong atau Rp21 juta yang diakui sebagai hasil menjual masker curiannya.

    Ricky mengatakan KJRI Hong Kong terus memonitor secara dekat kasus ini. Dia menambahkan, mereka memastikan WNI tersebut mendapat penerjemah dan pengacara dalam proses persidangan.

    Berdasarkan pantauan KJRI, imbuhnya, Masriki telah mengakui perbuatannya dan mendapat proses hukum yang adil. Namun, perbuatannya dinilai sangat tidak terpuji di tengah kesulitan yang dialami masyarakat Hong Kong.

    "Maka hakim tetap menjatuhkan hukuman penjara kepadanya," imbuh dia.

    Namun, pihak KJRI Hong Kong belum dapat bertemu yang bersangkutan. Pasalnya, saat ini kondisi lembaga pemasyarakatan dalam posisi lock down untuk mencegah penyebaran virus COVID-19.

    "Menyikapi kasus ini KJRI Hong Kong terus meningkatkan upaya sosialisasi kepada para PMI untuk menghormati aturan hukum yang berlaku di Hong Kong agar terhindar dari permasalahan hukum," terangnya.

    Baca juga: Kematian Akibat Virus Korona Naik Menjadi 2.236 Jiwa.


    KJRI Hong Kong berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama dan sinergi dengan berbagai instansi di wilayah tersebut untuk menyuplai masker bagi para PMI yang membutuhkannya.

    "Sampai saat ini, KJRI telah menyalurkan lebih dari 150 ribu masker secara gratis bagi para PMI di Hong Kong," pungkasnya.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id