comscore

Dubes Indonesia untuk Korsel Fokus Libatkan UMKM

M Sholahadhin Azhar - 18 November 2021 22:44 WIB
Dubes Indonesia untuk Korsel Fokus Libatkan UMKM
Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan (Korsel) Gandi Sulistiyanto (kanan). Dok. Istimewa
Jakarta: Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan (Korsel) Gandi Sulistiyanto fokus melibatkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Tanah Air. Komoditas dari sektor usaha itu didorong masuk ke rantai pasok global.

"Ambil contoh apa yang dilakukan di Korea Selatan di mana perusahaan besar mengoordinasi supplier-supplier UMKM lokal untuk menjadi bagian dari rantai pasok dari produk EV misalnya,” jelas Sulis melalui keterangan tertulis, Kamis, 18 November 2021.
Dia telah berkomunikasi dengan beberapa perusahaan asal Korsel untuk mewujudkan niat itu. Misalnya, seperti Chairman Hyundai, yang menyambut baik gagasan tersebut.
 
“Bila sudah terlaksana nanti pastinya akan mengangkat kualitas jasa dan produksi dari UMKM Indonesia. Saat itu, pemerintah Indonesia bisa tinggal memonitor saja,” kata Sulis.
 
Di sisi lain, dia menyatakan perlunya pendidikan vokasi untuk meningkatkan kualitas UMKM. Sulis mencontohkan produksi mobil listrik yang mensyaratkan sistem komputerisasi dan canggih.

Sulis bakal menjadikan program vokasi sebagai prioritas. Dia bahkan mengusulkan ke Chairman Hyundai agar membentuk Politeknik Vokasi dan lembaga setara SMK di Indonesia.

Baca: Teknologi Digital Bantu UMKM Bertahan Selama Pandemi
 
Menurut Sulis, hal ini sesuai pesan Presiden Joko Widodo agar dia membawa sebanyak-banyaknya investor ke Indonesia. Sehingga, bisa membuat neraca dagang seimbang, Indonesia bisa memperbanyak ekspor ke Korsel.

“Salah satu tugas Dubes memang membuat trade balance itu positif buat Indonesia,” katanya.

Program pertama Sulis di Korsel yakni bertemu diaspora di sana. Tujuannya, meningkatkan hubungan dagang dan investasi kedua negara.

"Kita akan menjadikan mereka sebagai pasar untuk produk Indonesia,” kata Sulis.

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id