Korea Selatan Pertimbangkan Kirim Kapal Perang ke Selat Hormuz

    Arpan Rahman - 19 Desember 2019 20:09 WIB
    Korea Selatan Pertimbangkan Kirim Kapal Perang ke Selat Hormuz
    Kapal perang Korea Selatan, Wang Geon dijadwalkan untuk bertugas di Timur Tengah. Foto: EPA
    Seoul: Korea Selatan (Korsel) mungkin dapat mengirim kapal perang penghancur rudal ke Timur Tengah. Hal tersebut terkait Amerika Serikat (AS) menyerukan mitra keamanan untuk meningkatkan pertahanan bersama dari rute pengiriman minyak utama.

    Kapal Wang Geon seberat 4.400 ton dijadwalkan meninggalkan Korsel buat menjalankan misi di Teluk Aden. Perannya dalam mempertahankan Selat Hormuz tidak dapat dikesampingkan, surat kabar Korsel Seoul Shinmun melaporkan Rabu.

    Seorang pejabat pemerintah Seoul berkata "rencana pelayaran" sedang berlangsung, dan bahwa belum ada rencana yang telah difinalisasi.

    Teluk Aden di dekat Somalia berjarak empat hari dari Selat Hormuz, menurut kantor berita Korsel, Yonhap.

    Regu ke-31 Unit Cheonghae Korsel, sebuah misi anti-pembajakan, dijadwalkan berangkat ke Aden bulan depan dan memulai misi enam bulan pada Februari di Wang Geon, menurut angkatan laut Seoul.

    "Selama kita tidak menambah pasukan atau senjata tambahan, memperluas peran Cheonghae ke Selat Hormuz tidak akan memerlukan persetujuan parlemen, karena undang-undang menetapkan bahwa unit tersebut akan melakukan misi di Teluk Aden dan daerah sekitarnya," menurut Yonhap mengutip sumber itu, disitir dari UPI, Kamis 19 Desember 2019.

    Penugasan kembali unit ke Hormuz dapat dilakukan pada awal Februari, menurut Seoul Shinmun.

    Para pejabat pemerintah di Seoul mengatakan kepada surat kabar itu bahwa operasi ‘tidak mendesak,’ dan bahwa keputusan ‘tidak terkait’ dengan negosiasi pembagian beban yang sedang berlangsung dengan AS.

    Surat kabar lokal Segye Ilbo melaporkan Rabu, dewan keamanan nasional presiden Korsel mengadakan diskusi tentang penempatan di Hormuz pekan lalu.

    AS menyerukan perlindungan yang lebih besar di sekitar Hormuz setelah serangan dua kapal tanker minyak oleh ‘benda-benda terbang’ pada Juni.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id