Pengungsi Suriah Tinggalkan Lebanon

    Intan Yunelia - 19 April 2018 08:45 WIB
    Pengungsi Suriah Tinggalkan Lebanon
    Pengungsi. Ilustrasi: Medcom.id/M Rizal.
    Lebanon: Ratusan pengungsi asal Suriah, yang tinggal bertahun-tahun di Lebanon, mulai kembali menuju tanah kelahiran mereka. Mereka pergi pada Rabu, 18 April 2018, waktu setempat.

    Eksodus pengungsi Suriah jarang terjadi sejak perang berkecamuk pada 2011. Sekitar 500 orang anak-anak dan orang tua meninggalkan daerah Sheeba, Lebanon bagian tenggara, menumpangi 15 bus.

    Tujuan mereka adalah distrik Beit Jinn di Suriah. Daerah itu berhasil direbut kembali oleh pasukan pemerintah dari tangan kelompok pemberontak pada Desember 2017. 

    Bus pengangkut pengungsi tiba di perbatasan Lebanon pada Rabu sore sebelum menyeberang ke Suriah. Pengungsi pun bahagia bisa kembali ke kampung halaman.

    "Kami tidak punya kabar soal kota tempat kami berasal. Saya dan keluarga saya merasa senang bisa kembali," kata Younes Othman, 31, petani asal Suriah, yang empat tahun tinggal di Lebanon, Kamis, 19 April 2018.

    Konvoi bus pengungsi dikawal aparat keamanan Lebanon. Kepulangan pengungsi tidak melibatkan Badan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCR).

    Baca: Pria Suriah Terlunta-lunta di Bandara Malaysia selama 37 Hari

    Sejak perang berkecamuk, lebih dari penduduk Suriah mengungsi ke negara-negara tetangganya. Ada lebih dari satu juta orang yang mengungsi ke Lebanon.

    Sejumlah politisi utama Lebanon, termasuk Presiden Michel Aoun, telah mengimbau para pengungsi Suriah untuk kembali ke wilayah-wilayah di Suriah yang sudah lebih tenang. Namun, Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan mereka seharusnya tidak didorong untuk kembali. (Antara)



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id