Kebocoran Gas Diduga Pemicu Ledakan Restoran di Jepang

    Kumara Anggita - 17 Desember 2018 16:16 WIB
    Kebocoran Gas Diduga Pemicu Ledakan Restoran di Jepang
    Sebuah restoran di Jepang yang meledak pada Minggu 16 Desember 2018 dan melukai 42 orang. (Foto: AFP).
    Sapporo: Polisi masih terus menyelidiki ledakan yang melukai di sebuah restoran di Sapporo, Jepang pada 16 Desember. Besar kemungkinan ledakan berasal dari kebocoran gas.

    Baca juga: Ledakan di Restoran Jepang, 42 Orang TerLuka.

    Ledakan besar terjadi pada Minggu malam di saat pengunjung masih ada di dalam restoran nahas ini. Tercatat, 42 orang terluka dalam kejadian ini.

    “Penyebab ledakan hingga saat ini masih diselidiki. Namun kemungkinan asal ledakan dari kebocoran gas,” pernyataan pihak Kepolisian Jepang, seperti dikutip AFP, Senin 17 Desember 2018.

    Tetapi beberapa laporan mengatakan bahwa api muncul dari kaleng yang sebelumnya dibuang oleh sebuah perusahaan real estate di dalam gedung itu. Sementara penyelidik masih mencari penyebab ledakan dari sembilan tabung gas propana yang dipasang di dalam gedung.

    “Beberapa pelanggan di restoran di lantai satu mengaku mencium bau gas sebelum ledakan terjadi. Ledakan memicu api besar di malam hari dan diserta suara ledakan mengerikan,” menurut laporan Kyodo News.

    Petugas pemadam kebakaran Sapporo menambahkan, bangunan kayu dua lantai itu mengalami kerusakan parah akibat ledakan ini. Selain restoran, bangunan juga menjadi tempat usaha lain termasuk sebuah klinik.

    Ledakan juga menyebabkan sekitar 250 gedung tidak bisa dialiri listrik. Tetapi kemudian arus listrik kembali normal. Petugas pemadam kebakaran Sapporo, Takashi Shida mengatakan, tiga penyewa gedung menyebutkan bahwa bangunan itu tidak siap untuk menghadapi kemungkinan terjadi kebakaran.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id