Banyak Gunakan Antibiotik, Ribuan Warga Jepang Meninggal

    Arpan Rahman - 06 Desember 2019 18:18 WIB
    Banyak Gunakan Antibiotik, Ribuan Warga Jepang Meninggal
    Ilustrasi oleh Medcom.id.
    Tokyo: Lebih dari 8.000 orang meninggal setiap tahun akibat bakteri resisten antibiotik di Jepang. Penggunaan antibiotik yang berlebihan dan penggunaan antibiotik pada hewan untuk dikonsumsi, disebut-sebut sebagai penyebab kematian.

    Peneliti Jepang di Center Hospital of the National Center for Global Health and Medicine mengatakan staphylococcus aureus atau MRSA yang kebal terhadap methicillin, dan salmonella yang resisten fluoroquinolone adalah penyebab utama kematian di antara pasien pada 2017, Kyodo News dan NHK melaporkan Kamis.

    Jumlah total kematian terkait MRSA lebih dari 4.200 pada tahun 2017, dan jumlah pasien yang meninggal karena salmonella lebih dari 3.900, menurut para peneliti.

    Hiroshige Mikamo, seorang ahli bakteri di Universitas Kedokteran Aichi, mengatakan jumlah sebenarnya kematian tahunan, tidak tercakup oleh survei, akan "dengan mudah melampaui 10.000," menurut Kyodo.

    Penggunaan antibiotik yang berlebihan juga dapat menyebabkan sekitar 35.000 kematian setiap tahun di Amerika Serikat, dan 33.000 orang lainnya di Eropa. Data untuk Jepang tidak diketahui sampai laporan penelitian, kata para ilmuwan.

    "Para peneliti juga mengatakan pada 2050 lebih dari 10 juta orang akan mati karena bakteri yang resisten antibiotik," NHK melaporkan.

    Temuan juga menunjukkan bakteri yang resistan terhadap obat mempengaruhi lebih sedikit pasien; kematian MRSA telah menurun sejak 2011.

    "Karena jumlah kematian MRSA menurun, langkah pemerintah terhadap bakteri yang resistan terhadap obat, termasuk memberikan perawatan yang menguntungkan ke rumah sakit yang mempromosikan penggunaan antibiotik yang tepat, tampaknya efektif pada tingkat tertentu," kata Mikamo, disitat dari UPI, Jumat, 6 Desember 2019.

    Pada Oktober, para menteri kesehatan dari kelompok negara-negara G20 sepakat di Okayama, Jepang, untuk mengambil tindakan segera terhadap resistensi antibiotik.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id