Sosok Joserizal Jurnalis Bagi Aktivis WNI di Gaza

    Fajar Nugraha - 20 Januari 2020 12:23 WIB
    Sosok Joserizal Jurnalis Bagi Aktivis WNI di Gaza
    Pendiri MER-C Joserizal Jurnalis. Dok. MI
    Jakarta: Pendiri Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Joserizal Jurnalis meninggal pada Senin, 20 Januari 2020. Sosok Joserizal ini banyak memberikan pengaruh.

    Salah satu yang kehilangan adalah aktivis Indonesia yang kini menetap di Gaza, Palestina, Abdillah Onim. Menurut pria yang sempat aktif di MER-C itu, banyak pelajaran yang bisa diambil dari sosok Joserizal.

    “Beliau selalu bilang bantu siapapun yang membutuhkan jangan liat warna partai kelompok.  Dalam hidup harus ada prinsip tapi jangan fanatik , karena akan berpengaruh pada keikhlasan dalam menjalani misi kemanusiaan,” ujar Abdillah Onim, kepada Medcom.id, Senin, 20 Januari 2020.

    “Saya benar-benar menghargai dan menghormati beliau,” imbuh sosok yang pernah bergabung dengan MER-C ini.

    “Pada tahun 2000 saat konflik di Galela, Maluku utara, beliau datang bersama tim medis lainnya untuk obati warga yang terluka. Bahkan beliau lah yang berani melakukan kuburan massal korban kerusuhan di Maluku utara tepatnya di Desa Popilo,” jelasnya.

    Sosok Joserizal sangat dekat dengan Palestina. Bahkan kemerdekaan Palestina, masih menjadi perhatian dokter berusia 56 tahun itu.

    “Tentu beliau semangat ingin umat bersatu untuk tetap perjuangkan kemerdekaan Palestina,” imbuhnya.

    Jenazah Joserizal akan disemayamkan di Pendopo Silaturahim, Jalan Kalimanggis Raya Nomor 90 Cibubur, Bekasi. Jenazah akan disalatkan setelah waktu Zuhur di Masjid Silaturahim. Rencananya, jenazah akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Rangon, Jakarta Timur.

    Joserizal lahir di Padang, Sumatera Barat, 11 Mei 1963. Ia merupakan dokter sekaligus aktivis yang membantu masyarakat korban perang. Joserizal mendirikan MER-C, yang merupakan organisasi sosial kemanusiaan untuk korban perang, konflik, dan bencana alam yang bergerak dalam bidang gawat darurat kesehatan.
     
    Joserizal lewat organisasinya itu menginisiasi berdirinya Rumah Sakit Indonesia di Gaza. MER-C kerap menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk Yayasan Media Grup.
     
    MER-C dan Yayasan Media Grup beberapa tahun belakangan terlibat dalam kerja sama kemanusiaan. Media Grup juga ikut membantu MER-C menyukseskan pembangunan RS Indonesia di Gaza pada tahap pertama dan kedua.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id