Hadapi Korona Bersama, Tiongkok Berterima Kasih kepada RI

    Willy Haryono - 13 Februari 2020 08:00 WIB
    Hadapi Korona Bersama, Tiongkok Berterima Kasih kepada RI
    Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping di International Conference Center di Yanqi Lake, Tiongkok,15 Mei 2017. (Foto: AFP/POOL/Roman PILIPEY)
    Jakarta: Baru-baru ini, seorang polisi Indonesia yang menyanyikan lagu-lagu dalam bahasa Mandarin untuk memberikan semangat kepada warga kota Wuhan, telah menjadi viral di Internet. Banyak warga Indonesia yang menggelar kegiatan, merekam video, atau mengunggah konten di media sosial, sebagai bentuk dukungan kepada kepada Wuhan dan Tiongkok.

    Wuhan adalah kota di provinsi Hubei yang menjadi pusat penyebaran virus korona Covid-19. Varian baru virus korona itu telah menewaskan lebih dari 1.100 orang, dan total infeksinya melampaui 44 ribu.

    "Dalam melawan wabah korona tipe baru, orang-orang Tiongkok selalu merasakan dukungan berharga dan bantuan tanpa pamrih dari semua lapisan masyarakat Indonesia. Perlakuan baik ini menghangatkan hati mereka," ungkap pernyataan Kedutaan Besar Tiongkok di Jakarta di laman resminya, Rabu 12 Februari 2020.

    "Presiden Jokowi telah berkomunikasi via telepon dengan Presiden Xi Jinping untuk menyampaikan sempati dan dukungan kepada rakyat Tiongkok. Pemerintah Indonesia juga telah mengirimkan bantuan perlengkapan medis berupa masker dan pakaian pelindung kepada Tiongkok," lanjutnya.

    Banyak anggota kabinet, pejabat tinggi, dan anggota parlemen yang menyampaikan dukungan dan doa kepada rakyat Tiongkok melalui surat, telepon dan video. Kedubes Tiongkok menilai gestur semacam itu menunjukkan kuatnya persahabatan tradisional antar kedua negara. 

    "Kami sangat menghargai semua ini dan mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya," tutur juru bicara Kedubes Tiongkok di Jakarta.

    Dalam menanggapi wabah ini, Tiongkok selalu mementingkan koordinasi dan kerja sama dengan berbagai negara mitra, termasuk Indonesia.

    Berkat upaya bersama kedua belah pihak, Indonesia telah berhasil mengirim pesawat sewaan untuk menjembut kembali 238 WNI yang tinggal di Provinsi Hubei. Indonesia juga membantu warga Tiongkok yang terdampar untuk pulang ke negeri asalnya secara lancar. 

    Departemen relevan Indonesia juga secara aktif menyediakan fasilitas visa bagi wisatawan Tiongkok yang masih berada di Indonesia saat ini. Pihak Tiongkok akan terus berkomunikasi erat dengan Indonesia, memperkuat kerja sama dalam pencegahan dan pengendalian wabah serta meminimalisasi dampaknya bagi kerja sama kedua negara di berbagai bidang.

    "Wabah ini dapat dicegah, dikendalikan, dan diobati. Pemerintah dan rakyat Tiongkok sedang berupaya keras memerangi wabah dan telah mencapai hasil positif. Saat ini, jumlah pasien yang baru terinfeksi di Tiongkok telah berangsur-angsur menurun selama beberapa hari berturut-turut, dan jumlah orang yang sembuh juga terus meningkat," sebut Kedubes Tiongkok.

    "Dengan kepemimpinan pemerintah Tiongkok yang kuat, upaya bersama rakyat Tiongkok, dan dukungan dari Indonesia dan masyarakat internasional, Tiongkok memiliki keyakinan, kemampuan, dan kepastian untuk memenangkan pertempuran melawan wabah ini."

    "Pihak Tiongkok akan terus menjunjung tinggi prinsip keterbukaan dan transparan serta secara aktif melakukan kerja sama internasional dengan pihak-pihak terkait termasuk Indonesia. Kami berharap dapat terus berjalan berdampingan dan bersama mengatasi kesulitan dengan pihak Indonesia," pungkasnya.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id