Negosiasi ASEAN Indo-Pacific Outlook Masih Berlanjut

    Marcheilla Ariesta - 20 Juni 2019 09:01 WIB
    Negosiasi ASEAN Indo-Pacific Outlook Masih Berlanjut
    Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Jose Tavares. (Foto: Medcom.id/ Marcheilla Ariesta).
    Jakarta: Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-34 akan dilaksanakan di Bangkok, Thailand pada 22 sampai 23 Juni mendatang. Dalam pertemuan tersebut, salah satu dokumen yang akan dihasilkan adalah ASEAN Indo-Pacific Outlook.

    Meski sudah akan dikeluarkan, namun negosiasi dokumen ini masih terus berlanjut. Pasalnya, ada kabar beredar jika Singapura menarik diri dari pembahasan konsep tersebut.

    "Sekarang ASEAN merancang suatu Indo-Pacific Outlook yang masih dinegosiasikan. Itu untuk menghasilkan suatu naratif ASEAN  agar tidak perlu memilih antara geo-strategi yang konsepnya terus berkembang dan berbeda-beda yang disampaikan oleh beberapa negara," ujar Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, Jose Tavares, di Jakarta, Rabu, 19 Juni 2019.

    "Proses negosiasi masih terus berjalan, tentu masih akan ada dinamika. Dan tentu saja berbagai pihak akan memiliki ragam perbedaan pandangan," imbuh dia kepada Medcom.id.

    Menurut dia, konsep Indo-Pasifik ini memiliki banyak keuntungan untuk ASEAN. Pembentukan outlook ini bertujuan untuk mengatasi persaingan strategi geopolitik di antara negara-negara kekuatan dunia.

    "Kami (ASEAN) ingin menjadi bagian dari solusi untuk persaingan yang ada. Kami ingin mewujudkan kerja sama yang saling menghormati dan menguntungkan, bukannya persaingan," katanya.

    Sementara itu, juru bicara Kemenlu RI Arrmanatha Nasir mengatakan bahwa sejak Presiden Joko Widodo membawa konsep Indo-Pasifik ini di KTT ASEAN pada 2017, berbagai penolakan dan penerimaan dari masing-masing negara anggota masih fluktuatif.

    "Apa pun rumornya, apakah Singapura mencekam dan sebagainya, faktanya adalah bahwa pembahasan ASEAN Indo-Pasifik belum ada ketentuan yang mutlak. Karena di KTT nanti pembahasannya akan lentur, kemungkinan hal ini juga dibahas," tambah Arrmanatha.

    Konsep ASEAN Indo-Pacific Outlook muncul dari adanya gagasan AS soal Indo-Pacific Strategy Report. Tujuan dari dokumen ini adalah untuk mewujudkan interkonektivitas yang semakin terbuka, khususnya dalam perekonomian antara negara-negara di kawasan Asia Pasifik.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id