WNI Sandera Terakhir Abu Sayyaf Diserahkan ke Pemerintah RI

    Willy Haryono - 18 Januari 2020 14:29 WIB
    WNI Sandera Terakhir Abu Sayyaf Diserahkan ke Pemerintah RI
    Muhammad Farhan (kanan) dalam proses serah terima dari Pemerintah Filipina ke Pemerintah Indonesia, 16 Januari 2020. (Foto: KBRI Manila)
    Manila: Muhammad Farhan, warga negara Indonesia yang menjadi sandera terakhir kelompok Abu Sayyaf Group (ASG), telah diserahkan dari Pemerintah Filipina ke Pemerintah Indonesia pada 16 Januari. Farhan berhasil diselamatkan dan dibebaskan militer Filipina di Baranggay Bato Bato, Indanan Sulu, satu hari sebelumnya.

    Saat pertama kali diselamatkan, Farhan diterbangkan dengan helikopter militer ke Zamboanga. Farhan disambut Komandan Western Mindanao Command Letjen Soebejana dan pemeriksaan oleh aparat keamanan Filipina.

    "Muhammad Farhan sudah berada di Manila, diterbangkan dengan menggunakan pesawat komersil pada Jumat 17 Januari siang," ujar pernyataan Konjen KJRI Davao City Dicky Fabrian dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Sabtu 18 Januari 2020.

    Farhan merupakan satu dari tiga WNI yang diculik di perairan Tambisan, Lahad Datu, Malaysia pada 23 September 2019. Dua sandera lainnya, Maharudin dan Samiun telah dibebaskan pada 22 Desember 2019.
     
    Keduanya sudah kembali ke Indonesia. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyerahkan keduanya secara langsung kepada keluarga pada 26 Desember lalu.
     
    "Dengan bebasnya Farhan maka saat ini seluruh WNI yang disandera ASG telah berhasil dibebaskan," kata Kementerian Luar Negeri.
     
    "Pemerintah Indonesia menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang baik dari Pemerintah Filipina, termasuk Divisi 11 AFP (Armed Forces of the Philippines) di Sulu, dalam upaya pembebasan para sandera WNI," pungkas mereka.

    Sejak sebelum dibebaskannya tiga WNI dari penyanderaan, berbagai langkah diplomasi telah dilakukan sejak awal, baik melalui pembicaraan langsung antara Presiden Joko Widodo dan Presiden Duterte serta Menlu RI Retno Marsudi dengan Menhan Filipina.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id