Jepang Ingin Bantu Indonesia Kembangkan Natuna

    Willy Haryono - 25 November 2019 16:09 WIB
    Jepang Ingin Bantu Indonesia Kembangkan Natuna
    Wadubes Jepang untuk Indonesia Keiichi Ono. (Foto: Medcom.id/Sonya Michaella)
    Jakarta: Pemerintah Jepang terus berkomitmen menjalin kerja sama dengan Indonesia di berbagai bidang, termasuk mengenai pengembangan pulau-pulau terluar di Tanah Air.

    Salah satu pulau terluar yang menjadi sorotan adalah Natuna, sejak Presiden Joko Widodo mengeluarkan Dekrit Presiden mengenai pulau-pulau terluar di Indonesia pada 2017. Natuna disebut-sebut sebagai salah satu pulau terluar dengan potensi luar biasa.

    Wakil Duta Besar Jepang untuk Indonesia Keiichi Ono sepakat bahwa Natuna adalah wilayah kepulauan dengan banyak potensi yang bisa dikembangkan secara berkelanjutan.

    "Kami menyadari bahwa pengembangan Natuna memiliki beberapa rintangan, salah satunya jarak pulau yang cukup jauh dari Jakarta," kata Wadubes Ono dalam acara bertajuk 'Engaging Potential Partners on the Sustainable Development of Indonesia's Outer Islands: The Case of Natuna Islands' di Kantin Diplomasi Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Senin 25 November 2019.

    Wadubes Ono memaparkan bahwa kerja sama Jepang dan Indonesia di Natuna dapat berupa pembangunan pelabuhan dan pasar ikan, pemberian dukungan teknis untuk nelayan, pengawasan perikanan, pengembangan pariwisata dan kemitraan di sektor energi.

    Selain Natuna, Jepang telah menjalin kerja sama dengan Indonesia di beberapa pulau terluar, yakni di Sabang, Moa, Saumlaki, Morotai dan Biak.

    Kerja sama Indonesia dan Jepang di Natuna saat ini adalah pembangunan dermaga dan ruangan pendingin (cold storage) di Selat Lampa serta pasar ikan, cold storage dan juga mesin es di kota Ranai.

    "Ada juga kapal patroli Jepang yang membantu sektor perikanan di Natuna," tutur Wadubes Ono.

    Jepang Ingin Bantu Indonesia Kembangkan Natuna
    Talk Show mengenai Natuna di Kemenlu RI. (Foto: Medcom.id/Willy Haryono)

    Di bidang pariwisata, Natuna dinilai Jepang memiliki potensi besar dalam olahraga menyelam atau diving. Ini dikarenakan perairan Natuna dipenuhi banyak terumbu karang, atau bahkan kapal karam yang sudah berada di bawah air sejak bertahun-tahun lalu.

    "Jepang dapat memberikan pelatihan untuk pemandu penyelam. Kami juga dapat membantu mencarikan beberapa titik ideal untuk menyelam di Natuna," ucap Wadubes Ono.

    Natuna adalah satu dari 111 pulau terluar di Indonesia. Natuna telah ditetapkan sebagai Geopark Nasional pada November 2018, dan saat ini sedang diupayakan untuk ditetapkan menjadi UNESCO Global Geopark (UGG).



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id