Indonesia Incar Pasar Eropa Tengah Melalui Visegard Group

    Fajar Nugraha - 17 Oktober 2019 15:07 WIB
    Indonesia Incar Pasar Eropa Tengah Melalui Visegard Group
    Wamenlu AM Fachir dorong penguatan akses peluang bisnis dengan Visegard Group. Foto: Dok.Kemenlu RI
    Serpong: Wakil Menteri Luar Negeri RI AM Fachir mendorong para pelaku bisnis Indonesia untuk meningkatkan interaksi mereka dengan para pelaku bisnis dari negara-negara Visegrad Group (V4).

    Visegard Group ini terdiri dari negara Ceko, Hongaria, Polandia dan Slovakia. Adanya kelompok sangat berguna menggali potensi pasar non-tradisional di kawasan Eropa Tengah. Hubungan kemitraan yang kuat antara para pengusaha Indonesia dan V4 akan semakin memantapkan pijakan Indonesia di kawasan yang dinilai strategis sebagai trading hub yang menghubungkan Eropa Barat, Eropa Tengah, dan Eropa Timur.

    Hal itu disampaikan oleh Wamenlu Fachir pada acara “Indonesia- Visegrad Group Business Forum 2019” di Serpong, 17 Oktober 2019, di tengah penyelenggaraan kegiatan Trade Expo Indonesia (TEI) 2019. Forum Bisnis itu mempertemukan sekitar 55 perusahaan Indonesia dengan 48 perusahaan dari negara- negara V4.

    Mantan Dubes RI untuk Arab Saudi tersebut menyambut baik arus investasi langsung (FDI) dari negara-negara V4 ke Indonesia dan juga yang mulai dirintis perusahaan- perusahaan Indonesia ke Eropa Tengah. “Langkah ini perlu lebih ditingkatkan, untuk membangun sinergi yang semakin erat dan komplementaritas antara dunia usaha dari kedua pihak,” ujar Wamenlu Fachir, dalam keterangan tertulis Kemenlu RI, yang diterima Medcom.id, Kamis, 17 Oktober 2019.

    Wamenlu Fachir juga menggarisbawahi hal yang memberikan optimisme mengenai perdagangan ekspor-impor antara Indonesia dan negara-negara V4. Secara kumulatif nilai perdagangan terus meningkat selama lima tahun terakhir dan telah menembus volume perdagangan sebesar USD 1 miliar pada 2018. Melalui Forum Bisnis ini diharapkan dapat turut mempertahankan momentum laju perdagangan Indonesia-V4.

    Selain Wamenlu Fachir, Wakil Menteri Industri dan Perdagangan Ceko Eduard Mur?ický, Dirjen Kemlu Slowakia Dušan Matulay, Dubes Polandia untuk RI Beata Stozcyn?ska, dan Kepala Hubungan Internasional Bank Exim Hungaria Balázs Koczka, serta Deputi Promosi Investasi BKPM RI Farah Ratnadewi Indriani juga mempromosikan peluang bisnis yang ada.

    Forum Bisnis ini diselenggarakan dalam bentuk diskusi panel yang menghadirkan pembicara dari kalangan swasta dan pemerintah Indonesia dan negara-negara V4, yaitu: Staf Ahli Menlu RI Ina Hagniningtyas Krisnamurthi (Moderator), dan para Panelis yang terdiri dari Wakil Ketua KADIN Shinta Widjaja Kamdani, CEO Ferron Par Pharmaceuticals Krestijanto Pandji, Direktur Regional Hydropol Ceko Jan Pilar, Project Leader JO Budapest Waterworks Péter Martonosi, dan Komisaris Utama KAP Holding Polandia Pawe? Wac?awek.

    Tidak hanya berbentuk forum, peserta juga memiliki kesempatan besar untuk membangun koneksi terutama antara pengusaha Indonesia dan V4 yang sebagian besar bergerak di bidang pangan, pakaian jadi, perakitan, teknologi informasi, farmasi, sumber daya manusia, energi, dan infrastruktur.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id