Kim Jong-un Awasi Langsung Peluncuran Rudal Terbaru

    Fajar Nugraha - 11 Agustus 2019 10:07 WIB
    Kim Jong-un Awasi Langsung Peluncuran Rudal Terbaru
    Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un awasi uji coba sistem senjata taktis terbaru. (Foto: AFP).
    Seoul: Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un secara pribadi mengawasi peluncuran rudal terbaru, yang merupakan ‘uji coba senjata baru’.

    Laporan media pemerintah KCNA pada Minggu 11 Agustus, tidak merinci sifat senjata yang diuji dalam peluncuran Sabtu. Namun pernyataan kedua dari kementerian luar negeri Korea Utara menyebutnya sebagai "ujian untuk mengembangkan senjata konvensional".

    Baca juga: Korut Luncurkan Rudal Balistik ke Arah Korsel.

    Peluncuran rudal,-tes Sabtu adalah yang kelima dalam dua minggu,- dalam protes latihan perang AS-Korea Selatan yang sudah berlangsung, yang telah lama membuat marah Pyongyang.

    “Kim memasang pos pengamatan dan memandu uji coba rudal. Dia sangat puas dengan hasilnya,” ujar KCNA, seperti dikutip AFP, Minggu, 11 Agustus 2019.

    Para pejabat pertahanan di Seoul mengatakan apa yang tampak sebagai dua rudal balistik jarak pendek ditembakkan pada dini hari Sabtu dari dekat kota timur laut Hamhung, terbang 400 kilometer sebelum jatuh di laut antara semenanjung Korea dan Jepang.

    “Kim telah memerintahkan agar tes itu dilakukan segera setelah mendapat laporan tentang pengembangan senjata baru,” kata KCNA.

    "Analisis terperinci dari hasil uji-api membuktikan bahwa permintaan desain senjata yang menguntungkan dan kuat dari sistem dipenuhi dengan sempurna," tambahnya.

    Dalam pernyataan kementerian luar negeri terpisah yang dilakukan oleh KCNA, Pyongyang mengatakan Seoul telah "menantang melakukan latihan perang yang agresif terhadap kita".

    Setiap pembicaraan di masa depan akan "diadakan secara ketat antara DPRK dan AS, bukan antara utara dan selatan", katanya. Pada Jumat, Presiden AS Donald Trump mengatakan dia setuju dengan perlawanan Kim terhadap latihan perang dan mengindikasikan peluncuran rudal itu tidak penting.

    Kemudian pada Sabtu, Trump mengatakan Kim telah menyatakan kesediaan untuk bertemu dan melanjutkan negosiasi setelah latihan AS-Korea Selatan selesai. “Kim juga menawarkan permintaan maaf kecil karena menguji rudal jarak pendek," kata pemimpin AS itu.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id