Situs Warisan Budaya Dapat Mempersatukan Masyarakat

    Marcheilla Ariesta - 02 Desember 2019 15:12 WIB
    Situs Warisan Budaya Dapat Mempersatukan Masyarakat
    Hilmar Farid dalam acara Indonesian Heritage for Global Peace and Sustainable Development di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Senin 2 Desember 2019. (Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta)
    Jakarta: Situs warisan budaya di Indonesia dinilai mampu mempersatukan masyarakat Tanah Air yang majemuk.

    Salah satu contohnya adalah Candi Borobudur, yang telah ditetapkan UNESCO sebagai salah satu situs warisan budaya dunia.

    "Umumnya situs-situs warisan dunia ini juga menjadi daya tarik untuk kepentingan pariwisata, salah satunya Borobudur," kata Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid dalam acara Indonesian Heritage for Global Peace and Sustainable Development di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Senin 2 Desember 2019.

    Hilmar menyebut Borobudur adalah candi agama Buddha. Namun candi itu berada di tengah-tengah lingkungan masyarakat beragama mayoritas Islam.

    Menurut dia, ini merupakan simbol baik mengenai perdamaian dan toleransi. Ia menambahkan, harusnya fakta itu terus dinarasikan sehingga Borobubur tak hanya menjadi situs yang menarik secara visual, tapi juga penting dari sisi kultural.

    Hilmar menuturkan jika upaya-upaya narasi tersebut pada akhirnya dapat mengubah cara pandang masyarakat Indonesia dalam memperlakukan warisan dunia. Juga, tambahnya, bisa menggeser pengertian mengenai pembangunan.

    "Saya kira monumen-monumen warisan dunia dan cagar budaya pada umumnya selalu mengingatkan kita bahwa ada hal-hal yang lebih penting daripada pembangunan. Ada hal-hal lebih bermakna daripada sekadar mengejar kemajuan," pungkasnya.




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id